Berfungsi Sebagai Penerus Daya, Ini Harga Gigi Rasio Nouvo Kawahara

Harga, gigi, rasio, Nouvo, Kawahara, Mio, Soul, 14-14, original, rusak, gir, matic, motor, bebek, bunyi, suara, roda, CVT, model, macam, jenis, produk, mendeteksi, komponen, sport, bearing, mekanik, bengkel, matik, penyebab, ciri, putaran, mesin, oli, gardan, performa, kinerja, di, pasaranGigi Rasio Nouvo Kawahara (sumber: Bukalapak)

Meskipun disebut matic alias tidak menggunakan gigi, nyatanya matic masih punya komponen bernama gigi rasio. Gigi rasio terletak di balik CVT, dekat as roda belakang. Bagi yang belum tahu, gir rasio berfungsi sebagai penerus daya dari komponen CVT menuju roda belakang.

Jadi, jika gir rasio mengalami kerusakan maka akan membuat kinerja dan terganggu. Cara mendeteksi gir rasio yang rusak bisa diketahui dari timbulnya suara kasar di sekitar roda belakang. “Untuk mendeteksi kerusakan gir rasio dengan cara mendengarkan suara di bagian CVT, bila gas terus dipelintir semakin kasar suaranya,” kata Pardiman, mekanik Takutic, bengkel spesialis matik, di Kebagusan, Jakarta Selatan, kepada Motorplus.

Ia menjelaskan bila kurang yakin kalau komponen gir rasio yang rusak, ada baiknya lakukan pengecekan secara manual. “Caranya, lepas seluruh komponen CVT, lalu putar roda belakang menggunakan tangan, jika terdengar suara kasar, berarti benar, gir rasio mengalami kerusakan,” terangnya. Suara berisik tersebut biasanya timbul dari laher gir rasio. “Suara kasar disebabkan oleh bearing atau laher yang mulai aus,” pungkasnya.

Komponen gir rasio pada motor matik, kinerjanya tidak seperti di motor bebek atau . Gir rasio pada motor matik hanya sebagai penerus daya dari kruk as (poros engkol) melalui komponen CVT, supaya roda belakang berputar. Salah satu ciri gir rasio mulai rusak bisa diketahui dari timbulnya suara kasar ketika putaran mesin tinggi. Lantas apa penyebab gir rasio pada motor matik rusak?

“Oli gardan yang enggak rutin diganti bisa bikin gir rasio rusak,” tambah Pardiman.
Pardiman menyarankan, penggantian oli gardan sebaiknya dilakukan ketika motor sudah menempuh jarak 5.000 km. Selanjutnya, penyebab gir rasio rusak bisa dari cara pemakaian yang kurang baik. “Pas lagi keadaan gaspol atau rpm tinggi, tanpa menurunkan gas, tiba-tiba ngerem, ini bisa bikin komponen CVT sekaligus gir rasio rusak,” pungkasnya.

Apabila gir rasio matik rusak terus dipakai, bisa mengurangi kinerja dari komponen lainnya tentunya performa pasti akan berkurang. Bila kerusakan gir rasio matic semakin parah, suara kasar dari bagian roda belakang akan semakin keras. “Suara kasar dari bagian roda belakang akan semakin keras, kalau terus dibiarkan, pasti bakal ganggu telinga,” lanjut Pardiman. Yang lebih parah, bila gir rasio dibiarkan rusak tentunya ada bagian-bagian gir yang terkikis. “Gir rasio yang rusak akan terkikis, lama-kelamaan bisa gundul, tautan antar gir rasio tidak terjadi alias blong saat digas,” jelasnya.

Jika sudah rusak parah, maka jalan satu-satunya adalah mengganti gigi rasio tersebut. Beruntung di pasaran telah tersedia berbagai gir rasio yang bisa dipilih sesuai dengan motor. gir rasio beragam, biasanya berkisar ratusan ribu . Misalnya, New Gir Rasio 14-41 Mio Soul Nouvo Kawahara dijual mulai Rp560 ribuan, atau Rasio Nouvo Original 12-48 ditawarkan seharga Rp540 ribuan.

Loading...