Berfungsi Sebagai Peluntur Kerak, Harga Asam Sulfat Pekat Merck Mulai Rp 895 Ribuan

Asam Sulfat Pekat Merck - www.tokopedia.comAsam Sulfat Pekat Merck - www.tokopedia.com

sulfat (H2SO4) adalah anorganik yang kuat. Zat ini dapat larut dalam air pada semua perbandingan. Asam sulfat memiliki banyak kegunaan dan merupakan salah satu utama . Pada tahun 2001 silam asam sulfat di dunia mencapai 165 juta ton dengan nilai USD 8 juta. Asam sulfat memiliki kegunaan utama untuk pemrosesan bijih mineral, sintesis kimia, pemrosesan air limbah, hingga pengilangan minyak.

kimia seperti asam sulfat pekat atau sulfuric acid banyak diproduksi oleh perusahaan besar seperti Merck Millipore Germany. Adapun harga asam sulfat pekat produksi Merck asal Jerman bervariasi. Sebagai , Sulfuric acid 95-97% Merck kemasan 2,5 liter dijual dengan harga sekitar Rp 895 ribuan hingga Rp 1,5 jutaan per botol.

“Asam sulfat pekat bahkan dalam bentuk padat sering digunakan melubangi saluran yang buntu karena penyumbatan kerak dan kotoran. Soda api, zat basa kuat sering dipergunakan bahan sabun atau peluntur dalam screen sablon,” kata dokter ahli Epidemiologi dan Kesehatan Lingkungan dari Universitas Diponegoro, Budi Laksono, seperti dilansir Okezone.

Walau demikian, dr. Budi mengungkapkan bahwa beragam zat air keras tetap berbahaya apabila mengenai kulit manusia lantaran bersifat korosif. Apabila mengenai kulit, kulit akan terbakar dan menyebabkan trauma kimia yang serius. “Kecelakaan karena terkena asam keras dan basa keras sangat berbahaya,” papar dr. Budi.

Lebih lanjut dr. Budi menjelaskan, bagi orang yang terkena air keras dapat langsung mendapatkan pertolongan pertama untuk mencegah efeknya memburuk. “Prinsip pertolongannya adalah pencairan zat kimia tersebut. Bila zat kimia mengenai badan, maka secepatnya dicairkan dengan mengalirkan air pada cairan itu di tubuh. Bila pencairan terjadi maka akan berkurang korosi yang diakibatkan,” ungkap dr. Budi.

Lain lagi jika air keras terminum, maka pertolongan pertama yang dapat dilakukan adalah memberi korban minum air susu atau air biasa. Air susu bermanfaat untuk mengencerkan air keras dan bersifat menetralisir. “Setelah terjadi pengenceran, maka bila terjadi muntah tidak akan mengkorosi tenggorokan. Bila tidak muntah, petugas di pelayanan darurat akan melakukan pengenceran dan pencucian dengan selang langsung ke lambung,” tandasnya.

Loading...