Berfungsi Sebagai Pelarut Cat, Harga Thinner ND 1 Liter Mulai Rp15 Ribuan

Harga, thinner, ND, 1, liter, per, galon, kemasan, di, pasaran, high gloss, super, Penta Super Gloss, produk, ciri, sifat, fungsi, pelarut, bahan, berbahaya, aktif, pasif, pekerja, finishing, daya, larut, kilap, lapisan, toko, bangunan, alat, penyemprot, kuas, cat, jenis, padat, kental, pengencer, epoxy, bahaya, kesehatan,Thinner ND Super High Gloss kemasan kaleng (sumber: thinnerindustri.4pilar.com)

Thinner merupakan zat cair yang biasanya berfungsi untuk mengencerkan dan besi, politur serta -bahan finishing lain. -bahan finishing biasanya merupakan padat yang sifatnya kental sehingga sulit untuk diaduk dan diratakan tanpa diencerkan terlebih dahulu.

Secara umum, ciri-ciri thinner adalah berwarna putih seperti air, berbau menyengat, dan cukup berbahaya bagi kesehatan. “Bagi para pekerja yang ingin menggunakan thinner sebaiknya harus memperhatikan hal-hal yang berhubungan dengan keselamatan kerja,” ucap salah seorang pemilik toko di kawasan Jakarta.

Apabila pekerja terbiasa menghirup (pasif maupun aktif) bahan kimia seperti thinner ini dapat mengakibatkan kerusakan pada saluran pernapasan. Jadi sangat disarankan apabila pekerja berhubungan dengan penggunaan thinner diharuskan memakai APD (Alat Pelindung Diri) berupa masker, hal ini untuk meminimalisir uap dari thinner terhirup oleh tubuh.

Thinner memiliki fungsi untuk menurunkan viskositas (kekentalan) dari bahan-bahan yang akan diaplikasikan dengan menggunakan alat penyemprot maupun kuas. Alat penyemprot cat maupun kuas cat adalah alat yang berguna untuk mengaplikasikan bahan finishing dan hanya dapat bekerja dengan batas viskositas tertentu. Oleh karena itu, suatu bahan finishing harus diencerkan terlebih dahulu dengan thinner agar viskositasnya turun, sehingga bahan-bahan tersebut bisa diaplikasikan dengan mudah.

Selain berguna untuk menurunkan viskositas, thinner juga berguna untuk mengatur sifat-sifat dari bahan finishing sehingga bahan tersebut bisa diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan. Dengan menggunakan thinner suatu bahan finishing bisa diatur kecepatan waktu pengeringannya serta ketebalan lapisan finishing bisa ditentukan dengan tertentu sesuai dengan kebutuhan.

Thinner biasa digunakan sebagai campuran cat, sebagai pembersih besi berkarat, sebagai bahan pelarut, sebagai bahan pengkilap, dan sebagai penguap cat agar cepat kering.

Thinner yang dijual di dibedakan berdasarkan jenisnya. Jika diklasifikasikan berdasarkan jenis cat yang digunakan, ada jenis thinner PU (Polyurethane), thinner epoxy, thinner melamic, thinner duco, dan thinner ½ duco. Sementara jika diklasifikasikan berdasarkan nama , ada jenis thinner ND, thinner HG, thinner A, thinner Super, thinner Super ND, dan thinner Super HG.

Nah, untuk jenis thinner ND, ada produk thinner ND High Gloss yang diformulasikan dari bahan-bahan solvent pilihan, memiliki daya larut dan daya kilap bagus terhadap bermacam-macam jenis cat, di antaranya NC, acrylic, melamine dan epoxy, mengandung bahan additive pilihan, cocok untuk pengencer cat finish dan menghasilkan lapisan cat dengan daya kilap tinggi.

Ada juga thinner Penta Super Gloss ND High Gloss (0005) yang merupakan pelarut dengan campuran thinner yang spesial dan dirancang untuk NC High Gloss dan produk yang sama. Sifat dari produk yang satu ini adalah berbahaya, daya larut yang baik untuk cat epoxy, dan tidak berwarna.

Sebagai informasi, thinner ND di pasaran cukup beragam, namun biasanya dijual mulai Rp15 ribuan per 1 liter. Untuk lebih besar, yakni galon harganya sekitar Rp60 ribuan.

Loading...