Berfungsi Menutup Retak pada Struktur Beton, Harga Sikadur 752 Berkisar Rp 620 Ribuan

Ilustrasi : Beton yang retak

Pada yang mengalami keretakan atau bahkan pecah, sebenarnya tidak perlu harus membongkar suatu demi memperbaiki kerusakan semacam itu. Beberapa jasa kini juga memakai metode injeksi beton dengan menggunakan yang dinamakan epoxy resin grout. Dengan demikian, yang dibutuhkan untuk perbaikan beton yang pecah dan retak bisa diminimalisir dan tentunya relatif lebih murah.

“Perbaikan beton retak dan pecah ini dengan bantuan tekanan rendah dan secara perlahan memasukkan material epoxy resin grout ke dalam jalur retakan agar beton yang telah terpisah akibat retak dan pecah dapat saling mengikat kembali. Sehingga mengembalikan kekuatan struktur beton dan terhindar dari kerusakan yang lebih besar,” kata salah satu penyedia jasa konstruksi.

Bahkan kabarnya perbaikan beton retak dengan material epoxy resin grout ini memiliki kekuatan tinggi dibanding beton itu sendiri, antara lain kuat tekan 620 kg/cm2 pada umur 7 hari dan 640 kg/m2 pada umur 28 hari, kuat tarik 270 kg/cm2 pada umur 28 hari, serta kuat lentur 400 kg/cm2 pada umur 28 hari.

Ada banyak pilihan material yang bisa digunakan untuk metode injeksi beton, misalnya saja Conbextra EP10TG eks Fosroc, Sikadur 752 ex Sika, Deltagrout EP Injection ex Deltacrete, Estorex EP10 ex Estop, atau material lainnya yang setara. Dari sekian banyak pilihan, Sikadur termasuk yang paling banyak dipakai karena punya cukup baik

Sikadur 752 adalah 2 komponen epoxy resin viskositas super rendah (super encer), berkekuatan tinggi yang bebas solvent. Produk yang diklaim telah memenuhi standar ASTM C 881 – 78 type I, Grade 1, Class B + C ini memiliki fungsi untuk mengisi dan menutup rongga-rongga serta retak pada struktur beton seperti kolom, balok, fondasi, deck, maupun struktur penahan air. Harga Sikadur 752 kemasan 10 kg sekitar Rp 1,6 jutaan di , sedangkan yang 5 kilogram harganya Rp 620 ribuan.

Produk yang kerap disebut lem beton ini diklaim memiliki sejumlah keunggulan seperti memiliki viskositas yang sangat rendah atau bersifat encer, penutup retak yang ulet, cocok untuk digunakan pada kondisi kering maupun lembap, memiliki kekuatan mekanis dan lekat yang tinggi, keras tapi tidak rapuh, serta bebas susut.

Loading...