Berfungsi Mengatasi Alergi, Harga Obat Avil di Apotek Rp 2 Ribuan per Tablet

Ilustrasi : seseorang mengalami gejala alergi seperti bersin dan hidung tersumbat

Alergi terhadap debu, serbuk sari bunga, atau beberapa alergen lainnya memang tidak bisa dianggap remeh. Sebab bisa saja seseorang menderita yang disebut hay fever atau kerap disebut juga dengan rinitis alergi. Biasanya ditunjukkan dengan kondisi atau seperti bersin, tersumbat, dan sebagainya.

Menurut dr. Nurrahmi Aisyah, General Practitioner Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, rhinitis kerap tidak disadari oleh para penderitanya lantaran gejala yang ditimbulkan mirip seperti pilek atau influenza, misalnya saja muncul cairan hidung berwarna jernih, hidung tersumbat, dan bersin hingga berkali-kali.

“Sekali bersin bisa sampai lebih dari lima kali. Karena hidung berair, hidung akan tersumbat—hilang timbul atau menetap. Hidung, telinga, dan langit-langit mulut juga akan terasa gatal jika alergi ini kambuh,” papar dr. Ami. Biasanya rhinitis secara umum dipicu oleh alergi terhadap suhu atau udara dingin.

Akan tetapi, lantaran reaksi kekebalan tubuh terhadap alergen (sesuatu yang menyebabkan alergi) itu berbeda-beda, maka pemicunya pun bisa beragam, seperti debu, bulu hewan, serbuk bunga, atau bahkan tungau. Reaksi tubuh untuk mengatasi alergi biasanya dengan meningkatkan produksi histamin yang kadang memicu peradangan dan membuat hidung memproduksi cairan berlebih.

Untuk mengatasi alergi semacam itu, biasanya dokter akan meresepkan khusus alergi. Salah satu yang dikenal dapat mengatasi alergi adalah Avil. Avil memiliki kegunaan untuk mengobati alergi (reaksi hipersensitif) seperti hay fever (pollinosis) dengan bersin, gatal dan ingusan, inflamasi konjungtiva mata, urtikaria dan ekstrem (termasuk neurodermatitis) dengan pruritis.

Obat yang mengandung komposisi Pheniramine / Feniramin hidrogen maleate tersebut dapat dikonsumsi oleh kalangan orang maupun anak-anak. Dosis untuk dan anak usia lebih dari 12 tahun adalah 1/2 2-3 kali sehari, jika perlu ditingkatkan menjadi 1 3 kali sehari. Avil sendiri sebenarnya termasuk obat keras yang dapat dibeli dengan resep dokter. Avil banyak dijual di apotik, salah satunya di K-24 dengan relatif , hanya Rp 2.144 saja per tablet.

Loading...