Berfungsi Memeriksa Pendengaran, Harga Alat Audiometri Mulai Puluhan Juta Rupiah

Ilustrasi : Tes Audiometri untuk cek fungsi pendengaranIlustrasi : Tes Audiometri untuk cek fungsi pendengaran - www.ratulangimedicalcenter.com

Pendengaran termasuk fungsi tubuh yang cukup vital. Untuk mengetahui daya pendengaran seseorang atau adakah kelainan pada indera pendengaran, biasanya seseorang disarankan untuk datang ke dan didiagnosis menggunakan suatu bernama audiometer.

audiometri adalah yang bertujuan untuk mengetahui tingkat atau ambang batas pendengaran seseorang dan jenis gangguannya. ini dilakukan dengan memakai alat audiogram nada murni di dalam ruang kedap suara (audioproof chamber),” kata Dokter Poli THT RSUD Blambangan Banyuwangi, dokter Mashari SpTHT, seperti dilansir Jawapos.

Audiometri bukan saja berfungsi sebagai alat untuk mengukur ketajaman pendengaran seseorang. Alat tersebut juga bisa digunakan untuk menentukan lokalisasi kerusakan anatomis yang menimbulkan gangguan pendengaran. Audiometri digunakan untuk mengetahui derajat ketulian , mulai dari tingkat ringan, sedang, atau berat.

Tak hanya itu, audiometri juga berfungsi mengetahui jenis tuli konduktif, tuli saraf (sensorineural), atau tuli campuran. “Pemeriksaan ini dapat dilakukan pada pasien yang mengalami penurunan pendengaran, telinga berbunyi berdengung (tinitus), rasa penuh di telinga, riwayat keluar cairan dari telinga, riwayat terpapar bising, seperti sopir, pengatur lalu lintas, pekerja pertambangan, dan pekerja di airport runway,” sambung dokter Mashari.

“Dengan pemeriksaan ini, diharapkan dapat mencegah lebih dini adanya suatu , , atau pasien membutuhkan alat bantu mendengar, atau pendidikan khusus. Pemeriksaan ini tidak membutuhkan persiapan khusus. Pemeriksaan juga bisa dilakukan setiap saat. Pemeriksaan ini pun bisa dilakukan untuk segala umur. Mulai dari pasien usia lima tahun ke atas, asalkan pasien kooperatif,” sambungnya.

Alat audiometri sendiri memang cukup beragam dan fiturnya. Namun umumnya memang dijual dengan harga yang relatif mahal. Sebagai informasi, untuk Maico Audiometri MA-41 Air & Bone Conduction Masking dibanderol dengan harga Rp 77,4 juta, kemudian Audiometer Proton-Harmonic harganya Rp 26,5 juta, Audiometer Bell Plus Rp 61,7 jutaan, Audiometer Harp Plus Rp 91,6 jutaan, hingga Audiometer Piano Plus VRA harganya mencapai Rp 122 jutaan. Harga alat audiometri bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Loading...