Berfungsi Membuat Roti Mengembang, Harga Fermipan 500 Gram Sekitar Rp 40 Ribuan

harga, fermipan, 500, gram, kue, roti, kering, bahan, adonan, tips, garam, pokemon, go, apem, pukis, donat, pokemon, go, butter, ragi, perancis, merek, dagang, di, toko, bahan, onlineFermipan dalam kemasan ukuran 500 gram (sumber: dailybread.co.uk)

Jika Anda memiliki waktu senggang, tidak ada salahnya digunakan untuk membuat kue. Apabila Anda adalah seorang pemula, mungkin masih asing terhadap bahan-bahan pembuat kue, salah satunya adalah Fermipan.

Fermipan sebenarnya merupakan merek dagang dari Perancis. itu adalah yang dikhususkan untuk membuat kue menjadi mengembang, misalnya roti, donat, atau bakpau. Fermipan hanya bisa ditambahkan pada adonan. itu tidak akan berfungsi sebagai pengembang untuk kue kering atau cake.

Tidak hanya digunakan oleh seorang profesional saja, Fermipan juga sering dipakai oleh ibu rumah tangga. Di pasaran, Fermipan dijual dengan kisaran harga Rp 40.000 untuk 500 gram. Selain bisa dibeli di toko bahan-bahan kue, Fermipan juga bisa didapatkan secara online.

Fermipan bisa ditambahkan pada adonan seperti donat, apem, kue buaya, kue pukis, hingga terang bulan kekinian Pokemon Go. Salah satu pengusaha kue tersebut adalah pasangan Rhesa Rumampuk dan Jessi Agustina Wijaya yang menjual terang bulan dengan desain mirip pokeball atau bola Pokemon.

“Bikinnya sejak ramai games Pokemon Go. Kemudian dipromosikan ke media sosial, ternyata ramai pemesan,” kata Rhesa Rumampuk, warga kota Malang.

Mereka mengatakan bahwa sebagian besar pemesan merupakan mahasiswa dan pelajar yang sedang dilanda demam Pokemon Go. Beberapa memberikan kue tersebut sebagai hadiah ulang tahun atau sekedar untuk dimakan bersama teman. “Paling banyak pesanan dari mahasiswa, ada yang untuk belikan pacar dan hadiah ulang tahun,” kata Jessi.

Ia menyatakan bahwa tidak ada khusus untuk pembuatan terang bulan tersebut. Bahan yang digunakan antara lain meses, cokelat, keju, gula pasir, cokelat putih, Fermipan, mentega, baking soda, tepung terigu, , dan susu.

Untuk desain, dibentuk semirip mungkin dengan bola Pokemon. Ukurannya berdiameter 22 sentimeter dengan empat warna yakni merah, pink, oranye dan kuning. “Saya menjualnya dengan harga Rp 40 ribu ditambah ongkos kirim dengan Rp 10 ribu per 10 kilometer,” kata Jessi.

Ia mengatakan bahwa bisnisnya itu terbantu berkat ketenaran permainan Pokemon Go. Jessi dan Rhesa menyadari bahwa demam permainan itu ada batasnya. Namun mereka yakin jika bisnis makanan dan kue masih menjanjikan.

Sementara itu, bagi Anda yang sedang belajar atau suka membuat kue, ada tips penting agar bisa berhasil dalam membuat roti. Hal yang perlu diperhatikan salah satunya adalah cara mencampur bahan ke dalam sebuah adonan.

Kepala pengajar Bogasari Baking Center (BBC), Chairil Ichwan mengatakan bahwa dirinya tidak menyarankan untuk mencampur ragi dengan garam. Hal itu karena kedua bahan itu akan bereaksi negatif satu sama lainnya.

“Ingat, saat membuat adonan roti, garam dan butter dimasukkan paling terakhir, jangan dicampur,” jelasnya. Meskipun kedua bahan itu termasuk bahan kering, ia mewanti-wanti agar ragi tidak dicampur bersamaan dengan bahan kering lainnya.

Loading...