Beraroma Wangi, Harga Gaharu Buaya Saat Ini Dijual Ratusan Ribu Rupiah per Kg

Gaharu Buaya - cvalamperkasa.blogspot.comGaharu Buaya - cvalamperkasa.blogspot.com

Hingga saat ini gaharu termasuk yang kayunya yang memiliki nilai tinggi di pasaran karena aromanya yang dikenal begitu layaknya cendana atau sebagainya. Jenis gaharu di pasaran pun ada bermacam-macam, mulai dari gaharu gumbil atau gubal, gaharu merah, hingga gaharu buaya. gaharu pun dipatok , tergantung grade (tingkat) kualitasnya.

Sebagai , kayu gaharu grade A super biasanya memiliki warna hitam pekat dan aroma sangat wangi, kemudian untuk grade super B berwarna hitam kecokelatan dan aromanya cukup wangi, sedangkan untuk kayu gaharu yang grade C warnanya cenderung coklat dan beraroma wangi yang tak terlalu menyengat.

Dalam membeli kayu gaharu, calon pembeli perlu lebih jeli dan teliti dalam menilai dan jenisnya. “Harus jeli menilai mana yang kualitasnya baik, sedang dan bahkan menilai kayu yang palsu. Serat dari gaharu yang bagus itu lebih solid dan padat,” ujar H. Nurdin, pemilik Toko Udin Borneo di Pertokoan Cahaya Bumi Selamat, Martapura, Kabupaten Banjar, seperti dilansir Tribunnews.

Lebih lanjut Nurdin menjelaskan, berbeda jenis maka berbeda pula peruntukan atau kegunaan kayu gaharu. Ia mengambil contoh kayu gaharu gumbil (gubal), biasanya banyak diolah untuk dijadikan minyak wangi. Kayu gaharu gumbil juga disebut-sebut sebagai gaharu dengan kualitas nomor satu. “Harga kayu gaharu itu dihitung per kilogram. Gaharu gumbil yang memang asli mencapai Rp 800 juta per kg,” ungkapnya.

Lalu ada juga gaharu buaya. Dibandingkan gaharu gumbil, harga gaharu buaya jauh lebih murah. Oleh sebab itu gaharu buaya biasanya banyak dimanfaatkan sebagai hiasan. Jenis yang satu ini dinamakan gaharu buaya lantaran pohonnya tumbuh di daerah berawa yang merupakan habitat buaya. Adapun harga gaharu buaya saat ini berkisar Rp 450 ribuan per 1 kilogram (kg).

Seperti halnya jenis gaharu lain, gaharu buaya yang asli atau original juga memiliki aroma yang wangi dan sangat khas. Wangi tersebut keluar dari getah yang dihasilkan akibat adanya pada pohon. Wangi khas tersebut kuat dan berbeda dari wangi kemenyan. Kemudian warna gaharu buaya biasanya lebih terang dan apabila dipegang, getah gaharu terasa lengket di tangan.

Loading...