Berapa Harga yang Harus Dikeluarkan untuk Sambung Gigi Depan Patah?

Sambung Gigi Depan - globalestetik.comSambung Gigi Depan - globalestetik.com

Merawat adalah sebuah keharusan dan juga kebutuhan. Dengan yang bersih dan terawat, seseorang akan menjadi lebih percaya diri dan giginya pun bisa berfungsi dengan baik. Lalu apa jadinya jika seseorang mengalami patah karena insiden tertentu, apalagi jika gigi yang patah itu berada di bagian depan? Rupanya gigi depan yang patah bisa diatasi dengan tambal menggunakan laser atau dengan sambung gigi menggunakan jaket (crown) gigi.

Gigi patah biasanya bisa terjadi karena adanya benturan keras yang dialami oleh gigi. Ada 2 tipe patah gigi, yang pertama patah vertikal dan yang kedua patah horizontal. Gigi yang patah kabarnya bisa kembali seperti semula dengan , akan tetapi gigi yang bermasalah tersebut masih harus dilihat lagi tingkat kedalaman patahannya.

“Jika tidak mengenai saluran akar gigi akan cepat ditangani sehingga tidak memakan waktu dalam perawatan. Namun jika patahan sampai terkena area saluran akar harus dilakukan Perawatan Saluran Akar (PSA) terlebih dahulu,” ujar drg Dewa, Md.S, Sp.KG, Dokter Konservasi Gigi RS Siloam Balikpapan, seperti dilansir Tribunnews.

“Setelah PSA dan saluran akar sudah benar-benar baik lalu dilakukan penambalan area gigi yang patah. Tidak lama menambal kembali gigi yang patah sekitar 40 menit gigi akan kembali seperti semula,” sambung drg. Dewa.

Tambal gigi dengan sinar laser (composite) di salah satu gigi swasta yang ada di Depok mematok biaya bervariasi, berkisar antara Rp 275 ribu hingga Rp 675 ribuan. Kemudian untuk perawatan saluran akar yang ditarik sekitar Rp 150 ribuan hingga Rp 300 ribuan. Jaket atau crown gigi juga bisa dijadikan solusi untuk sabung gigi depan yang patah. crown gigi berkisar antara Rp 750 ribu hingga Rp 3,5 juta, tergantung bahan yang digunakan.

Sayangnya layanan menyambung atau tambal gigi depan yang patah akibat kecelakaan atau hal lain ini kabarnya tak bisa dilakukan di Puskesmas. Hal ini diungkapkan oleh salah seorang bernama Rifan Fajrin yang pengalaman menambal gigi di Puskesmas Ambarawa. “Bu dokter mengatakan bahwa hanya gigi geraham saya yang bisa ditambal di Puskesmas. Adapun gigi depan tidak akan ditambal. Bukannya tidak bisa, tapi dokter menyarankan agar saya datang ke dokter yang punya fasilitas/alat tambal gigi dengan laser yang lebih awet dan bisa menyesuaikan dengan gigi,” katanya di blog pribadi.

Loading...