Caranya Relatif Simpel, Berapa Biaya Pencairan Bitcoin?

Biaya Pencairan BitcoinMencairkan Bitcoin ke mata uang konvensional - www.inbitcoinwetrust.net

JAKARTA – Saat ini, investasi di aset , termasuk , memang tengah diminati banyak orang. Pasalnya, tidak seperti emas yang kenaikan harganya seperti merangkak, kenaikan harga dapat terjadi dengan pesat. mencairkan ke pun relatif mudah karena sudah ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan. Namun, untuk pencairan ini, tentu saja dibutuhkan sejumlah .

“Memang, tren harganya meningkat, dan inilah yang menyebabkan banyak orang tertarik berinvestasi di aset crypto,” tutur Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), Sahudi, dilansir dari Kompas. “Untuk mulai berinvestasi, calon harus lebih dulu membuka rekening pada pedagang fisik aset crypto yang berizin.”

Di Indonesia sendiri, ada 13 pedagang aset kripto yang telah menerima izin dari Bappebti. Mereka adalah PT Indodax Nasional Indonesia (Indodax), PT Crypto Indonesia Berkat (Tokocrypto), PT Zipmex Exchange Indonesia (Zipmex), PT Indonesia Digital Exchange (Idex), PT Pintu Kemana Saja (Pintu), PT Luno Indonesia Ltd (Luno), PT Cipta Koin Digital (Koinku), PT Tiga Inti Utama (Triv), PT Upbit Exchange Indonesia (Upbit), PT Rekeningku Dotcom Indonesia (Rekeningku.com), PT Triniti Investama Berkat (Bitocto), PT Plutonext Digital Aset (Pluto Next), serta PT Bursa Cripto Prima.

Untuk memulai , investor harus menyetor dana ke rekening terpisah pedagang aset fisik crypto untuk bisa membeli Bitcoin atau crypto yang lain. Sebanyak 70 persen dana itu disimpan pada lembaga kliring dan 30 persen disimpan pada pedagang fisik aset crypto. Selain bisa membeli, investor juga bisa menjual crypto yang sudah dimilikinya. Namun, semua harus menggunakan mata uang , yang merupakan alat pembayaran sah di Indonesia.

Jika dirasa jumlah Bitcoin yang dimiliki sudah banyak dan investor ingin mencairkan uang digital tersebut, sekarang sudah ada sejumlah aplikasi dan pialang pertukaran yang dapat digunakan. Coinbase misalnya, memproses transaksi Bitcoin dan diklaim sudah memiliki 13 juta pengguna. Biaya untuk pencairan Bitcoin lewat pialang ini bervariasi, tergantung tempat bank investor berada. Misal, jika investor ingin menjual Bitcoin dalam AS, dikenakan biaya transfer antar-bank sekitar 25 AS atau setara Rp362 ribuan.

Apabila ingin yang lebih murah, salah satu aplikasi yang dapat dicoba adalah Pintu. Ini adalah sebuah wallet crypto yang diklaim sudah terintegrasi dengan berbagai aset crypto, termasuk Bitcoin. Dilansir dari situs resminya, bagi investor yang ingin menarik Bitcoin ke rupiah, hanya akan dikenakan biaya flat sebesar Rp4.500 per transaksi. Setidaknya, investor hanya perlu menunggu 5-10 menit untuk melakukan penarikan aset crypto lewat Pintu.

Loading...