Bentuknya Unik & Khasiat Melimpah, Harga Okra di Pasaran Ternyata Tidak Terlalu Mahal

Harga Okra - parkseed.comHarga Okra - parkseed.com

Okra atau yang kerap disebut dengan nama bendi adalah yang mungkin masih kurang begitu familiar di Indonesia, padahal okra di pasaran juga tak terlalu mahal. Sayur yang dalam Bahasa Inggris dijuluki Lady’s Finger ini pun mengandung serat dan nutrisi yang besar. Okra memiliki bagian berupa warna hijau dengan lapisan luar yang sedikit berbulu. Apabila dibelah, bagian dalamnya sedikit berongga dengan biji-biji putih dan berlendir. Sepintas mirip seperti oyong, tapi dengan ukuran lebih kecil.

Saat dimakan, okra mempunyai tekstur renyah layaknya mentimun. Okra diyakini memiliki beragam untuk kesehatan, seperti menstabilkan gula darah, pencuci hati (liber), melancarkan saluran pencernaan karena melapisi usus besar, hingga mencegah dan menyembuhkan sembelit pada lansia.

“Okra sangat gampang dikembangkan dan benihnya bisa diperoleh dari biji okra itu sendiri dan itu bisa dilakukan secara terus menerus dengan tidak mengurangi okra yang akan diperoleh,” kata salah satu pembudidaya okra merah asal Deliserdang, Tjendra, seperti dilansir Medanbisnisdaily.

Tjendra menjelaskan bahwa tanaman okra akan berproduksi setelah mencapai usia 7 minggu usai ditanam, dan bisa bertahan hidup sekitar 3 bulan. Dengan demikian, umur tanaman okra mulai dari persemaian sampai selesai produksi (mati) mencapai 5 bulan. “Keunikan tanaman ini, okra akan berbuah terus hingga tanaman mati,” paparnya. Adapun untuk satu tanaman, rata-rata dapat memproduksi 5 kg okra hingga tanaman mati.

Jenis okra yang banyak di pasaran biasanya yang berwarna hijau, meski ada juga beberapa penjual yang menawarkan okra merah yang dinilai memiliki khasiat lebih banyak dibandingkan yang warnanya hijau. Harga okra di pasaran cukup dan biasanya banyak dijual di pasar tradisional maupun supermarket besar.

Sebagai perbandingan, di Ranch Market misalnya, harga okra kemasan pack dijual Rp 12.500, kemudian okra beku (frozen) seberat 500 gram yang sudah dikemas dalam sebuah kemasan plastik berlabel dijual dengan harga Rp 26.200. Sementara itu di Carrefour harga okra per 1 kg dibanderol mencapai Rp 41.500, dan di Lotte Mart harga per pack-nya Rp 14.900. Namun perlu diingat, bahwa harga jual okra di tempat lainnya mungkin bisa berbeda-beda.

Loading...