Belum Berotot, Rupiah Dibuka Melemah 10 Poin

Rupiah - nasional.tempo.coRupiah - nasional.tempo.co

masih belum memiliki cukup tenaga untuk bergerak ke area hijau pada pembukaan Selasa (23/10) ini. Seperti dipaparkan Index, Garuda mengawali transaksi dengan melemah 10 poin atau 0,07% ke level Rp15.197 per AS. Sebelumnya, spot berakhir stagnan di posisi Rp15.187 per AS pada tutup dagang Senin (22/10) kemarin.

“Jika mempertahankan suku bunga acuan, maka dampak ke pergerakan rupiah dalam jangka pendek akan stabil di rentang Rp15.150 hingga Rp15.250 per dolar AS,” papar ekonom Bank Permata, Josua Pardede, dilansir Kontan. “Faktor yang mendukung rupiah bisa bergerak stabil adalah berjalannya transaksi domestic non-deliverable forward (DNDF) yang bisa mempercepat pendalaman valas.”

Saat ini, pasar dalam negeri memang menantikan hasil putusan Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia yang menurut rencana akan diumumkan pada hari ini. Bank sentral diperkirakan masih akan menahan suku bunga acuan dalam rapat bulan ini. Meski demikian, ruang bagi Bank Indonesia untuk menaikkan suku bunga acuan masih terbuka hingga akhir tahun.

“Muncul proyeksi Bank Indonesia cenderung akan mempertahankan suku bunga acuan di bulan ini karena masih terjaga di bawah 3% secara year-on-year,” sambung Josua. “Volatilitas rupiah yang sudah mulai menurun bila dibandingkan periode bulan September juga diperkirakan menjadi pertimbangan Bank Indonesia untuk tetap mempertahankan suku bunga acuan.”

Hampir senada, ekonom Bahana Sekuritas, Putera Satria Sambijantoro, mengatakan bahwa pergerakan rupiah pada hari ini akan tergantung pengumuman suku bunga acuan Bank Indonesia. Menurutnya, rupiah masih akan bergerak stabil pada hari Selasa. “Level seperti sekarang adalah level yang pas untuk eksportir dan importir menggunakan dolar mereka,” kata Satria.

Sedikit berbeda, analis pasar uang Bank Mandiri, Reny Eka Putri, memperkirakan rupiah melemah pada perdagangan hari ini karena minimnya sentimen domestik. Pelaku pasar juga sedang menunggu hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia yang direncanakan diumumkan pada siang hari. “Rupiah akan bergerak di kisaran Rp15.177 hingga Rp15.264 per dolar AS,” tutur Reny.

Loading...