Belum Ada Tanda-Tanda Reli, Bitcoin Bergerak Terbatas di $ 6.000

Bitcoin - www.telemundo.comBitcoin - www.telemundo.com

Pada Jumat (29/6) kemarin, Bitcoin telah di bawah USD 6.000, tepatnya berada di kisaran level USD 5.800 hingga USD 5.900. paling populer ini menutup perdagangan di bawah USD 6.000 untuk pertama kalinya sejak 12 November, menandakan penurunan sisi negatif dari support utama (terendah Februari).

Sementara itu, pada perdagangan hari ini, Sabtu (30/6), naik 2,78% ke level USD 6.376,30 atau sekitar Rp 91 jutaan setelah dibuka pada posisi USD 6.203,90. Sepanjang hari ini bitcoin diperdagangkan pada level USD 6.195 hingga USD 6.502,68 dengan pangsa sebesar USD 109 miliar.

Pergerakan bitcoin yang ini mungkin menjadi kejutan bagi para penggemarnya. Pasalnya kripto satu ini seharusnya dapat menjadi perlindungan nilai terhadap ketidakpastian . Lalu apa yang sebenarnya menahan reli harga bitcoin? Rupanya ada beberapa hal yang menjadi penyebab. Salah satunya adalah penurunan dalam jaringan on-chain.

“Bitcoin mengalami pertumbuhan teknologi melalui sistem saluran seperti Lightning Network, tetapi volume transaksi jaringan on-chain telah menurun dalam beberapa bulan terakhir, mengakibatkan beberapa orang khawatir,” ujar Dan Rice, CTO dan salah satu pendiri dari Sagewise, seperti dilansir Forbes. “Sebagian dari penurunan itu dapat dikaitkan dengan penggunaan saluran dan batching transaksi, tetapi tidak semua,” sambungnya.

Masalah lain berkaitan dengan segi teknis dari kripto. “Pada titik tertentu, sebagian besar investasi akan menguji posisi terendahnya, dan Bitcoin benar-benar tidak kebal,” ungkap James Ganiere CEO Rio Vista Universal. Saat itu terjadi, akan menjadi peluang untuk membeli. Pada saat-saat penting tersebut investor berpengalaman disebut-sebut bakal memanfaatkan kesempatan untuk memperoleh keuntungan di akhir.

Kemudian ada pula gelombang Initial Coin Offerings (ICOs) yang dianggap sebagai perkembangan negatif dari dunia cryptocurrency seperti anggapan pasar. “Beberapa hal menjadi jelas bagi saya. Satu, berbicara tentang rally yang akan datang, sayangnya tak pernah menunjukkan adanya tanda-tanda rally. Dua, pertumbuhan besar proyek ICO belum diterapkan ke pertumbuhan pasar luas, dan jika ada, itu menyebabkan pasar kehilangan nilainya,” papar Ben Marks, CEO dan Pendiri Blocktrade Capital.

Sementara itu, crypto lain juga bergerak di zona merah pada perdagangan kemarin. EOS, litecoin (LTC), cardano (ADA) terpantau turun 6% dalam 24 jam. Sedangkan menurut CoinMarketCap, ethereum (ETH) dan XRP turun masing-masing sebesar 4%. Walaupun turun di bawah level support, bitcoin masih mengungguli sebagian besar crypto dan kini ada di posisi ke-11 dalam daftar top 100 crypto terbaik berdasarkan kapitalisasi pasar.

Loading...