Belum Ada Sentimen Positif, Rupiah Bergerak Datar Di Rp 12.650

kursJAKARTA – Nilai jual mata terhadap dollar Amerika Serikat (AS) berada di angka Rp 12.650 berdasarkan informasi dari call center Mandiri, Rabu (21/1) pada pukul 13.05 WIB. Adapun kurs beli berada di angka Rp 12.443 per AS.

Posisi ini 75 poin dibandingkan dengan posisi sebelumnya pada Selasa (22/1), dimana rupiah berada di kurs beli Rp 12.518 per dolar AS dan kurs jual Rp 12.725 per dolar AS.

Menurut Kepala Riset Woori Korindo Securities , Reza Priyambada, belum ada sentimen positif dari dalam negeri yang mampu membuat Rupiah beranjak dari zona merah, sehingga pergerakan Rupiah terlihat terus tertekan.

Meski nilai tukar menguat usai merespons kenaikan data growth domestic product (GDP) Tiongkok secara year on year (YoY), namun hal tersebut tidak diikuti oleh pergerakan Rupiah yang masih betah di zona merah.

“Tampaknya rilis GDP secara tidak langsung membuat laju Yen mengalami pelemahan terhadap USD. Lalu, USD pun memanfaatkan kondisi tersebut untuk bergerak menguat, sehingga mengakibatkan Rupiah menjadi korban dari take-off nya USD,” ujarnya dalam keterangan risetnya yang diterima Metrotvnews.com, Jakarta, Rabu (21/1/2015).

Menanggapi hal itu, Reza berharap perlunya untuk tetap mewaspadai setiap potensi perubahan pergerakan rupiah.

“Di mana belum adanya sentimen positif yang signifikan masih akan membuat laju Rupiah variatif dengan cenderung ,” ungkapnya.

Loading...