Beda Warna Beda Harga, Paprika di Hypermart Dijual Mulai Rp 4 Ribuan Per 100 Gram

harga, paprika, di, hypermart, bibit, benih, dolar, amerika, keuntungan, di, indonesia, pusat, perbelanjaan, promo, diskon, lonjakan, kenaikan, merah, hijau, kuning, oranye, jual, varietasIlustrasi: tumpukan paprika dijual di pasar

Mungkin masih banyak orang heran dan bertanya-tanya mengapa paprika hijau, merah, oranye, dan kuning harganya tidak sama. Tidak sedikit yang berpikir jika semua paprika rasanya sama, walaupun berbeda warna. Padahal, paprika berbeda dalam berbagai hal, tidak sekadar warnanya saja.

Awalnya, semua paprika berwarna hijau dan kemudian berubah warna saat tumbuh. Di pasaran, harga jualnya murah karena memang masih mentah. Kemudian, paprika hijau berubah menjadi kuning atau oranye sebelum mencapai warna merah yang paling matang. Sementara itu, paprika kuning, oranye dan merah lebih daripada yang hijau karena memakan lebih banyak waktu untuk dipanen.

Selain harganya berbeda, kandungan di dalamnya juga berbeda antar warna paprika. Untuk paprika hijau, karena dipanen sebelum matang, paprika hijau tidak memiliki banyak . Selain itu, rasa paprika hijau tidak manis.

Sementara itu, paprika kuning sangat mirip dengan yang oranye, dipanen pada titik tengah kematangan. Paprika kuning dan oranye tidak sepadat hijau, tidak juga semanis merah. Lalu, untuk paprika oranye, dagingnya cenderung tebal, dan rasanya lebih manis daripada hijau, walaupun tidak semanis yang merah. Paprika oranye lebih mahal dari hijau. Namun, tidak semahal merah.

Untuk paprika merah, karena dibiarkan merambat di pohon paling lama, paprika ini memiliki rasa paling manis dengan nutrisi paling banyak. Paprika merah memiliki 11 kali lebih banyak beta-karoten, dua kali lebih banyak vitamin C dan sepuluh kali lebih banyak vitamin A daripada paprika hijau. Paprika merah memiliki umur simpan yang lebih pendek, berdampak pada harga jual. Karena hal ini, varietas merah menjadi yang paling mahal dari warna lain.

Paprika bisa Anda temukan di berbagai pusat perbelanjaan, salah satunya di Hypermart. Pada saat-saat tertentu, Anda mungkin akan mendapatkan harga promo atau diskon. Misalnya, untuk paprika hijau, harganya sekitar Rp 4 ribuan, paprika merah Rp 7 ribuan, dan paprika kuning Rp 8 ribuan. Harga itu berlaku per 100 gram.

Namun, harga tersebut masih bisa berubah, terlebih dipengaruhi oleh keadaan . Misalnya, ketika ada perubahan nilai Amerika terhadap . Melonjaknya nilai berimbas pada berbagai sektor dan berdampak pada harga barang impor yang juga ikut naik.

Salah satu yang terpengaruh lonjakan dolar adalah harga paprika yang naik hingga 20 persen. Hal itu membuat para petani paprika harus rela untuk menerima keuntungan yang lebih sedikit.

“Kalau untuk kenaikan dolar jelas pengaruh di , memang kita selama ini impor dari Belanda karena belum ada dari dalam negeri, jadi itu sangat berpengaruh hitungan kami sekitar 20 persen cost harus dinaikkan untuk sarana produksi pembelian benih,” tutur Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Peni Murni Kabupaten Batang, Nur Kholis.

Menurut Nur Kholis, kenaikan harga benih juga membuat keuntungan yang dihasilkan menurun. “Tentu mau tidak mau keuntungan yang diturunkan kecuali harga produksi dinaikkan, sedangkan harga paprika di Indonesia masih fluktuatif, dan daya beli di Indonesia sendiri untuk paprika masih belum terlalu banyak,” ujarnya.

Loading...