Bebas Biaya SKS, Biaya Pendaftaran Kuliah Online di Unikom Dibanderol Rp 350 Ribu

biaya, kuliah, online, unikom, pendaftaran, syarat, lulusan, sma, kejuruan, semua, jurusan, situs, resmi, universitas, komputer, indonesia, bandung, mahasiswa, salah, satu, kampus, tahun, 2018Kuliah secara online lewat Unikom

Anda ingin dengan jadwal fleksibel dan bebas seperti per SKS, praktikum, UTS, dan UAS? Salah satu pilihannya adalah Unikom atau Universitas Indonesia.

Salah satu yang ada di Bandung itu melalui situs pmb.unikom.ac.id, membuka pendaftaran untuk kuliah . Syarat pendaftarannya cukup mudah, yaitu lulusan SMA/sekolah kejuruan semua serta melengkapi beberapa dokumen pendaftaran.

Setiap pendaftar juga wajib membayar biaya pendaftaran kuliah sebesar Rp 350.000. Walaupun ada beberapa biaya yang dibebaskan, tetapi setiap mahasiswa nantinya tetap akan membayar uang kuliah. Informasi selengkapnya bisa dilihat di situs resmi Unikom.

Pendaftaran calon mahasiswa baru akan diadakan per gelombang, mulai dari gelombang I hingga III. Untuk tanggalnya, dimulai dari tanggal 19 Februari 2018-18 Mei 2018 (gelombang I), 21 Mei 2018-13 Juli 2018 (gelombang II), 16 Juli 2018-16 Agustus 2018 (gelombang III). Unikom juga akan melakukan seleksi masuk mahasiswa baru mereka dengan menguji beberapa materi seperti pengetahuan umum + IPA/IPS, Matematika, dan Bahasa Inggris.

Unikom dinilai menjadi salah satu kampus di Bandung dengan kualitas yang terbilang baik. Hal itu dinyatakan oleh Achmad Zaky, Bos Bukalapak. “Bandung menurut saya adalah pelajar yang engineering. Beda dengan Jogja. Jogja adalah [hanya] pelajar,” ujarnya.

Zaky berencana pada tahun 2018 akan mendirikan pusat riset di Bandung. Alasannya karena ketersediaan sumber daya manusia (SDM) berbasis engineering atau teknologi yang cukup banyak.

Di Bandung banyak berdiri kampus berbasis mata kuliah teknologi. Bos Bukalapak itu mencontohkan Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung, Unikom Bandung, Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB) Bandung, Politeknik Negeri Bandung (Polban), STT Telkom.

“Bicara kota pelajar yang sarat teknologi atau engineering ya Bandung. Ada ITB, Itenas, ITHB, Unikom, STT Telkom, Polban,” tutur Achmad Zaky.

Sebagai salah satu kampus yang dianggap berkualitas baik, mahasiswa Unikom berhasil membuktikannya dengan prestasi di ajang Imagine Cup pada tahun 2015. Tim Alix berhasil meraih posisi juara pertama pada kategori World Citizenship dan Tim Dodo Kids Browser dalam kategori Innovation.

Kedua tim itu berinovasi dengan menciptakan aplikasi untuk memudahkan proses donasi kemanusiaan dan kontrol penggunaan dalam bidang . Salah seorang Tim Alix, Wati Pitrianingsih mengatakan, “Aplikasi yang dibuat timnya merupakan aplikasi berupa portal donasi. Pada aplikasi, donatur tidak hanya bisa memberikan donasinya, melainkan juga bisa memilih siapa yang akan diberikan donasi dan bagaimana perkembangan orang yang diberikan donasi tersebut,” ujarnya.

Wati juga memaparkan bahwa pada aplikasi terdapat empat keunggulan yaitu rekomendasi (masyarakat bisa berbagi informasi mengenai orang yang berhak diberikan donasi), donasi (bisa memberikan sumbangan langsung), konfirmasi (memilih anak asuh yang akan diberikan donasi dan mengetahui perkembangan anak asuh tersebut setiap waktunya) dan report (laporan transparansi donasi dan perkembangan anak asuh).

Loading...