Banyak Ragam Kuliner, Adakah Rumah Makan Khas India di Malang?

Rumah, makan, khas, India, Bollywood, di, Kota, Malang, Kota Malang, restoran, hotel, Tugu, pilihan, wisata, kuliner, masyarakat, menu, sajian, koki, Pekan Budaya dan Festival Indian Food, rempah, makanan, Timur Tengah, Arab, Do’an, minuman, harga, tempat, varian, samosa, kulfi, chicken butterIlustrasi: masakan khas India, ayam peshwari

Menyebut , tentu ada banyak pilihan yang tersedia di kota ini. Ragam mulai dari alam hingga kuliner membuat penduduk asli dan pendatang menjadi enggan untuk keluar dari kota pendidikan yang satu ini. Untuk pilihan kuliner, sajian khas India memang masih terasa asing di kalangan masyarakat Kota Malang. Namun ternyata ada beberapa rumah makan di Malang yang menyajikan -menu khas Bollywood ini.

Salah satu tempat yang kerap menyajikan menu sajian ala India adalah Tugu Malang. Beberapa waktu lalu, Tugu Malang yang ada di pusat Kota Malang itu menyediakan menu khas India khusus untuk Pekan Budaya dan Festival Indian Food. dengan nuansa seni dan budaya itu menyediakan menu khas India pada Mei 2018 lalu.

Executive Assistant Manager Hotel Tugu, Crescentia Harividyanti mengatakan, awalnya pihaknya menyediakan menu masakan India secara gratis bersama dengan Kedutaan Besar India untuk Indonesia. Kebetulan, dua orang koki di hotel itu pernah bekerja di India selama dua tahun sehingga tidak begitu sulit untuk menyajikan menu masakan khas India.

Sementara itu, masakan khas India yang dihidangkan murni sesuai dengan masakan asli yang ada negara tersebut. Bumbu yang dipakai juga didatangkan dari India, seperti cardamon, patddi dan safron. Hal itu yang membuat masakan itu sedikit mahal. “Ini kami masak dengan resep rumahan di sana. Jadi otentik,” tegas Crescentia kepada Kompas.

Rasanya pun sama persis dengan masakan yang ada di India. Setiap menu masakan memiliki sensasi rempah-rempah. “Sensasinya lebih ke rempah-rempahnya. Tidak main cabai sama sekali. Tapi karena rempahnya memang banyak,” katanya.

Terdapat 19 varian menu yang disediakan, termasuk menu makanan dan minumannya. Sementara menu yang paling banyak digemari adalah menu samosa, kulfi dan chicken butter. Harganya beragam, mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 80.000.

Selain menu makanan khas India, sajian khas Arab dan Timur Tengah juga banyak diminati oleh warga Kota Malang. Rasanya tak sulit untuk bisa menikmati sajian ala Timur Tengah di Kota Apel ini.

Salah satu restoran penyaji makanan khas Timur Tengah, Rumah Makan Do’an, hadir dengan berbagai variasi menu nasi, roti hingga sup. Selain itu, juga tersedia menu spesial sop kambing dan gulai untuk para penyuka daging.

Owner Restoran Do’an, Imadudin Said menyatakan, terdapat berbagai variasi makanan khas Timur Tengah yang ada di Restoran Do’an. Untuk kategori menu nasi, ada berbagai seperti nasi mandhi, yang merupakan nasi dengan rempah-rempah biasa dengan tambahan daging oven maupun bakar. Selain itu, juga ada nasi zurbiyan dengan rempah-rempah yang lebih terasa dibandingkan dengan Nasi Mandhi. Terdapat dua pilihan daging untuk nasi ini, yaitu ayam dan kambing. Dari harga, menu nasi ini bervariasi dengan harga kisaran mulai dari Rp35 ribu, sesuai pesanan pelanggan.

“Pelanggan juga bisa memesan nasi mandhi ataupun nasi zurbiyan tanpa daging. Kami juga menyediakan nasi kebuli dengan dua pilihan daging, yaitu ayam dan kambing,” ungkapnya kepada Malang Post.

Untuk menu spesialnya, tambah Said, terdapat berbagai jenis variasi menu kuah. Seperti sup marq kambing, gulai kacang hijau dan sop kaki kambing. Untuk menu sup ini, dibanderol dengan harga mulai Rp45 ribu hingga Rp50 ribu. Sedangkan untuk makanan ringan dan , terdiri dari berbagai jenis seperti mugalgal, yaitu tumisan daging kambing yang dimakan dengan roti.

Loading...