Banyak Pilihan, Harga Hotel Melati di Bandung Berkisar di Bawah Rp 200 Ribu

Ilustrasi: kamar hotelIlustrasi: kamar hotel

Pertumbuhan akomodasi di kota-kota tujuan saat ini ternyata cukup pesat. Di Kota Bandung misalnya, semakin banyak bisnis perhotelan, baik hotel kelas melati maupun hotel berbintang rupanya membuat persaingan semakin ketat dan tingkat okupansi menurun. Urusan harga dan juga sering kali menjadi pertimbangan bagi para travelers dalam memilih suatu .

Menurut data dari Badan Pusat Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat, bisnis hotel kelas melati di Bandung terus meredup karena tingkat keterisian yang sangat rendah dan terus menurun. Bahkan untuk okupansi hotel berbintang saja rata-rata hanya sekitar 45% per bulan.

CEO Hotel Topas Artwin Bunardi mengungkapkan, persaingan bisnis hotel di Bandung bukan hanya dari segi kamar, tetapi juga kelengkapan infrastruktur pendukung. Akibat masuknya jaringan hotel internasional yang menawarkan properti baru dan lengkap membuat persaingan semakin tajam. “Kunjungan ke Bandung saat weekend cukup tinggi dan tingkat okupansi biasanya naik signifikan. Tapi saat weekday angka okupansi bisa turun hingga 20%,” jelas Artwin, seperti dilansir Sindonews.

Oleh sebab itu, guna meningkatkan okupansi kamar, hotel-hotel di Bandung pun banyak yang bekerja sama dengan jaringan hotel internasional. Hotel Topas misalnya, memilih bergabung dengan jaringan OYO Hotels. Lewat jaringan OYO, pihak Hotel Topas pun dapat melakukan promosi ke seluruh dunia dengan canggih.

Okupansi yang awalnya rendah, berkat kerja sama tersebut pun dapat meningkat rata-rata mencapai 65% pada weekday dan 80% saat akhir pekan. “Dari sisi pendapatan juga naik. Kami memanfaatkan teknologi canggih untuk menawarkan harga dan review hotel,” ungkap Artwin.

Padahal harga hotel melati di Bandung memang cukup bersaing. Banyak penginapan kelas melati yang disukai kalangan backpacker karena tarifnya di bawah Rp 100 ribu. Bahkan traveler pun masih bisa menemukan hotel melati dengan rate Rp 81 ribuan saja di Bandung. Kemudian ada pula hotel melati di kawasan kota yang dibanderol dengan harga Rp 97 ribuan per malam. Terlebih untuk hotel-hotel melati di bawah Rp 200 ribu pun pilihannya sangat banyak.

Loading...