Banyak Keunggulan, Harga Triplek Phenolic 18mm Mulai Rp 300 Ribu-an

Harga, triplek, phenol, phenolic, tego, film, lapisan, sisi, permukaan, di, pasaran, ukuran, 9mm, 12mm, 15mm, 18mm, jenis, konstruksi, lantai, cor, multiplek, material, teakwood, triplek aluminium, sengon, soft wood, hard wood, partikel board, melamin, MDF warna, plywood, jenis, kayu, lapis, furnitur, meja, kursiHarga triplek phenolic cukup beragam, meski tanpa perbedaan yang signifikan (sumber: ebay.com)

/multiplek merupakan salah satu material bangunan yang kerap dibutuhkan untuk pembuatan furnitur. Ada beberapa triplek yang tersedia di pasaran, mulai dari tebal 2mm hingga 25mm. Semuanya bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Harganya pun beragam, tetapi fluktuasinya tergolong cukup stabil.

Triplek berbentuk yang diproduksi sebagai papan pabrikan dengan ketebalan dan ukuran panjang lebar tertentu. Standar mutu triplek yang paling mudah diidentifikasi adalah tingkat ketebalan dan daya tahannya. Namun tak jarang triplek yang tampak tipis dari biasanya justru punya kelebihan tertentu dibandingkan dengan jenis yang lain. Sedangkan beberapa model triplek yang sering ditemui di pasaran adalah triplek , teakwood, triplek aluminium, sengon, soft wood, hard wood, partikel board, melamin, MDF warna, , dan masih banyak lagi.

triplek saat ini juga sangat bervariasi tergantung ketebalan dan yang digunakan. Misalnya saja triplek soft wood yang memiliki ciri khas lebih lunak dan biasanya berbahan dasar dari kayu albasia di mana banyak dijumpai di daerah Jawa Barat. Triplek dengan kayu albasia ini juga lebih lembut dibandingkan dengan triplek yang terbuat dari angsana atau sengon.

Sementara itu, phenolic adalah triplek yang memiliki lapisan phenol film baik di satu sisi maupun di kedua sisi permukaannya. Jenis triplek ini biasa digunakan untuk konstruksi sebagai papan penahan cor (bekisting). Dengan menggunakan triplek film phenolic, permukaan lebih bagus, lebih rata dan padat. Karena dilapisi phenol, maka semen yang menempel pada papan lebih mudah dibersihkan dan phenolic bisa digunakan berulang kali. Inilah yang menjadi keunggulan dari triplek phenolic.

Triplek phenol film adalah papan multiplek kayu lapis yang banyak digunakan untuk properti karena memiliki sifat yang lebih baik (tahan terhadap udara). Film face plywood atau yang disebut film phenol ini adalah jenis kayu lapis yang memungkinkan untuk dilapisi film pada satu sisi atau kedua sisinya.

“Dengan menggunakan triplek phenol atau tego, hasil pengecoran akan lebih padat dan permukaannya lebih halus, karena dilapisi oleh phenol film maka semen yang menempel pada triplek mudah dibersihkan sehingga dapat dipergunakan berulang kali,” kata seorang penjual.

Phenol film tersedia di industri konstruksi dan mobil untuk membuat container flooring, lantai truk dan trailer. Bahan ini juga digunakan untuk pembuatan furnitur seperti kursi, meja, sofa, tempat tidur, dan lainnya. Selain itu, phenol film juga bisa untuk membuat pintu geser, papan iklan, lantai untuk arena olahraga, beton, papan tempat tidur dan desain internal & eksternal

Triplek phenolic dilapisi 1 sisi atau 2 sisinya dengan cairan kimia phenol sehingga terbentuk lapisan berwarna coklat tua pekat. Di pasaran, triplek phenolic terdiri dari berbagai ukuran, mulai ukuran 9mm, 12mm, 15mm, dan 18mm. Harganya beragam sesuai dengan ukuran. Untuk ukuran 18mm (122x244cm) biasa ditawarkan harga Rp335.000 – Rp415.000.

Loading...