Banyak Driver Uber Beralih ke Gojek, Berapa Biaya Pendaftaran yang Ditarik?

Pendaftaran Gojek - www.chroniquesindonesie.comPendaftaran Gojek - www.chroniquesindonesie.com

Menggeliatnya bisnis berbasis di rupanya menarik minat masyarakat untuk mulai menjalani sampingan atau utama sebagai pengemudi ojek online seperti Gojek, Grab, atau lainnya. Syarat Gojek bisa berbeda-beda untuk setiap layanan, entah itu Go-Ride, Go-Car, Go-Send, hingga Go-Box.

Adapun untuk layanan Goride, syarat pendaftaran yang ditetapkan pada tahun 2018 ini masih sama seperti tahun lalu, yakni calon mitra pengemudi wajib memiliki SIM C yang masih aktif, SKCK aktif, motor dengan STNK dan pajak aktif, memiliki smartphone dengan Android OS dan RAM minimal 1 GB supaya bisa menjalankan aplikasi tanpa gangguan.

Sementara itu untuk aplikasi Gosend persyaratannya hampir sama, tetapi motor yang dimiliki harus dengan tahun pembuatan di atas 2011, lalu usia maksimal 35 tahun, layar handphone minimal 5 inch, dan mampu bekerja 10 jam sehari dan 5 hari dalam seminggu. Pendaftaran menjadi driver Gojek pun cukup mudah, karena semua bisa dilaksanakan secara instan melalui website Gojek.

Bahkan menurut beberapa driver, pendaftaran sebagai driver Gojek lebih mudah dibandingkan mendaftar sebagai driver Grab. Seperti diketahui, sejak 9 April 2018 lalu, manajemen Uber resmi bergabung dengan Grab Tenggara, sehingga driver Uber diminta mengajukan permohonan pindah ke Grab. Akan tetapi banyak pengemudi Uber yang akhirnya justru berpindah ke Gojek.

Menurut pengakuan beberapa driver Uber, mereka pindah ke Gojek lantaran syarat yang harus dipenuhi lebih mudah, sedangkan untuk pindah ke Grab harus memenuhi sejumlah persyaratan pendaftaran driver baru, seperti membayar test safety riding sebesar Rp 100 ribu. Uang tersebut nantinya dipakai sebagai top up saldo akun Grab. Akan tetapi bila 2 kali gagal tes, maka uang Rp 100 ribu akan hangus.

“Saya pindah dari Uber ke GoJek karena mudah. Di Grab itu persyaratannya sulit. Seharusnya hanya pengalihan aplikasi saja dari Uber ke Grab. Namun, kita (driver Uber) harus mendaftar seperti driver baru dan harus membayar Rp 100 ribu. Gagal dua kali, hangus. Mau daftar lagi, bayar lagi Rp 100 ribu,” ucap Nasrul, driver Uber, seperti dilansir Fajar.

Driver Uber lainnya bernama Abas mengaku bahwa di Gojek hanya ditarik biaya pendaftaran sebesar Rp 20 ribu. “Di GoJek, para driver yang mendaftar cukup membayar Rp 20 ribu saja. Biaya ini, untuk membayar pembukaan . Tes safety riding juga ada, tapi tes dari GoJek tidaklah sulit,” tandasnya.

Loading...