Banyak Dipelihara Kicau Mania, Harga Makanan Burung Lovebird Mulai Rp5 Ribu

Memberi pakan untuk burung lovebird (sumber: pixfeeds.com)Memberi pakan untuk burung lovebird (sumber: pixfeeds.com)

Lovebird merupakan salah satu burung yang sering dipelihara oleh pecinta burung. Pasalnya burung ini memiliki suara kicauan yang merdu dan memiliki keunikan pada fisik dan sifat yang dimiliki. Dulu, Lovebird tidak terlalu digemari karena burung ini tidak dilombakan dan hanya sebagai burung hias. Namun, seiring berjalannya waktu dan pengetahuan, ternyata burung ini mampu bertindak sebagai burung master atau pengisi suara burung kicauan lainnya.

Lovebird sendiri termasuk dalam spesies burung pengicau yang berasal dari Afrika. Burung ini memiliki paruh yang bengkok dan termasuk dalam keluarga Psittacidae genus agapornis. Karakter yang paling melekat pada jenis burung Lovebird adalah warnanya yang indah dan sifatnya yang monogami dengan satu pasangan.

Banyak pengusaha yang telah mendulang sukses dari bisnis Lovebird ini, salah satunya adalah Agus Prawoto dari Magelang. Di rumahnya, terdapat setidaknya 105 indukan Lovebird dari berbagai jenis dan sebagian besar merupakan burung yang layak dilombakan. Hingga saat ini, burung hasil tangkarannya sudah menembus pasar di seluruh kota dan kabupaten di Jawa Tengah, sebagian kota di Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, bahkan sampai Sumatera. “Kemarin baru saja mengirim 30 ekor Lovebird ke Jambi. Sebelumnya, saya juga mengirim 40 ekor ke Lampung,” ujarnya.

Biasanya, burung love bird yang memiliki di atas puluhan juta itu yang sudah memiliki unggulan serta telah memiliki segudang prestasi dari mulai kontes burung hingga kontes lomba burung yang lainnya. Burung lovebird sejatinya juga sangat mudah beradapatasi sehingga banyak yang suka untuk memeliharanya, juga terkenal karena sangat bersahabat sekali dengan manusia.

Sebagian pecinta burung masih ada yang menganggap bahwa merawat burung lovebird memiliki tingkat kesulitan yang tinggi karena burung ini banyak kemauan mulai dari khusus lovebird hingga kandang lovebird yang khusus. Kebiasaan burung lovebird yang sering menggigiti sarang burung juga harus diperhatikan. Sebaiknya Anda membeli atau menggunakan sangkar burung yang terbuat dari besi agar nantinya sangkar burung awet dan tidak terjadi kebobolan.

Untuk merawat burung lovebird juga tidak boleh asal dan salah satu keberhasilan merawat lovebird yaitu . menjadi salah satu pondasi untuk hampir semua burung. Dengan memberikan yang berkualitas, lovebird akan lebih dan bisa tumbuh dengan baik, dan malah menjadi faktor utama untuk membantu lovebird gacor.

Adapun burung lovebird sendiri memiliki pakan-pakan yang khusus, seperti milet, biji kenari, biji oat, biji sawi, jewawut, jagung, gabah beras merah, apel, tauge, dan kangkung. Selain itu, pemelihara juga biasa memberi makanan seperti sawi putih, jangkrik, asinan tulang sotong, telur rebus, hingga bubur dan biskuit bayi.

Nah, harga makanan burung lovebird di pasaran ini beragam, sesuai dengan jenis makanan khusus burung lovebird yang dipilih oleh si pemelihara. Misalnya, harga millet berkisar mulai Rp14 ribuan, dan harga biji kenari yang di kisaran Rp5 ribu hingga Rp10 ribuan.

Loading...