Banyak Dipalsu, Harga Sabun Temulawak Asli Biasanya Lebih Mahal & Berizin BPOM

Harga Sabun Temulawak Asli

Temulawak selama ini diketahui sebagai asli Indonesia yang memiliki banyak untuk maupun kecantikan. Tak heran jika temulawak kerap dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan jamu, masakan, termasuk untuk pembuatan kosmetik. Beberapa waktu belakangan juga beredar sabun temulawak yang diklaim memiliki khasiat untuk kesehatan kulit. Sayangnya karena banyak beredar pula sabun temulawak versi palsu alias KW membuat pun kebingungan menentukan mana sabun yang asli. Apalagi dari segi biasanya produk KW dijual lebih murah, sehingga membuat orang tergiur untuk mencoba yang KW.

Sabun temulawak yang asli sudah terdaftar di BPOM dan memperoleh sertifikasi halal dari MUI. Sedangkan versi palsunya tidak memiliki nomor BPOM dan logo halal dari MUI. Ciri-ciri lain dari sabun temulawak palsu adalah berwarna oranye transparan, berbentuk oval, dan mengeluarkan bau parfum yang menyengat. Bahkan kabarnya sabun palsu itu memakai berbagai bahan kimia seperti caustic soda, stearic acid, parfum, propilen glikol, pewarna, dan goreng.

Sabun temulawak versi original umumnya dijual dengan harga berkisar antara Rp 23-25 ribuan per batang. Biasanya beberapa agen resmi juga akan menawarkan harga yang murah bagi para konsumen yang melakukan pembelian dalam jumlah banyak alias grosir, yakni paling murah sekitar Rp 10 ribuan untuk pembelian 1 lusin (12 pcs). Sementara itu yang versi tiruan biasanya dibanderol lebih murah dari harga tersebut.

Sabun temulawak sendiri pada dasarnya menawarkan beragam khasiat seperti menghilangkan bintik hitam, jerawat dan bekasnya, noda-noda pada kulit, serta diklaim mampu memutihkan kulit. Cara pakai sabun temulawak pun cukup mudah dan hampir sama seperti sabun mandi biasa. Konsumen hanya perlu mengusapkannya ke kulit tubuh atau wajah dan mendiamkannya selama 3 menit, kemudian baru dibasuh dengan air bersih.

Saat ini sudah banyak merek-merek sabun temulawak yang beredar di , mulai dari merk Widya, Ayuku, Kinori, hingga Natural. Konsumen pun diimbau untuk lebih jeli memperhatikan izin BPOM yang tertera di kemasan sabun temulawak asli.

“Kepada masyarakat, khususnya para perempuan yang ingin membeli kosmetik, agar memperhatikan bahan-bahan yang tertera di kemasan serta memperhatikan apakah ada izin edar kosmetik dari BPOM dan Dinas Kesehatan atau tidak,” kata Kasat Reskrim Polres Jakarta Utara, AKBP Azhar Nugraha, seperti dilansir Detik.

Loading...