Banyak Dipakai Perkantoran, Harga Raised Floor Berkisar Mulai Rp 1,4 Jutaan Per M2

Harga Raised Floor

Dalam sebuah atau center biasanya akan ada banyak instalasi yang cukup rumit dan terkadang cukup mengganggu pemandangan bila tidak ditata sedemikian rupa. Oleh sebab itu kini banyak area yang mulai menggunakan raised floor atau access floor sebagai sistem lantai mereka. Raised floor sendiri adalah sistem lantai berbentuk panggung yang menjadikan elevasi lantai menjadi lebih tinggi. Raised floor biasanya memiliki modul panel berukuran 60 x 60 cm dan dengan harga yang cukup bervariasi.

Secara umum, rangka untuk sebagian besar raised floor sama-sama menggunakan frame penyangga berbahan galvanis. Namun untuk pengisi panel lantainya ada beberapa macam, yakni panel raised floor dari bahan calcium sulphate, panel dari wooden atau sejenis serbuk kayu, dan panel dari cementitious atau semen. Sedangkan untuk finishing permukaannya ada yang berjenis bare atau yang panelnya berbahan logam, serta tipe HPL yang panelnya sudah dilapisi bahan vinyl anti statis.

Meski terlihat sepele, raised floor ternyata menawarkan banyak , misalnya saja dapat menjadikan ruangan terlihat rapi karena instalasi kabel dan pemipaan tersembunyi di bawah raised floor, kemudian pemasangannya relatif mudah dan cepat karena menggunakan sistem knock down, bisa dibongkar-pasang di lokasi lain, penting untuk sirkulasi udara AC dengan sistem down flow, serta elevasi atau ketinggiannya bisa diatur sesuai kebutuhan.

Sebagai , harga raised floor merk Mira Saito asal China dijual sekitar Rp 1,4 jutaan per meter persegi (m2), kemudian ada pula raised floor Mero asal Jerman tipe Calcium Sulfate yang dibanderol seharga Rp 2,1 jutaan per meter persegi. Harga raised floor untuk lainnya di setiap distributor kemungkinan bisa berbeda-beda tergantung kualitas dan jenis bahan yang diusung.

Di kawasan Jakarta sudah banyak gedung perkantoran yang menggunakan raised floor, salah satunya seperti Sequis Tower yang digarap oleh Farpoint. Lantai ruang kerja pada Sequis Tower menggunakan raise floor, atau terdapat ruang setinggi 15 cm di bawah lantai yang digunakan untuk memasang sirkuit kabel-kabel. “Sehingga akan memudahkan tenant jika ingin merombak struktur kantornya. Karena kabel-kabelnya ada di bawah,” ujar Head of Project Management Farpoint Mulyadi Janto, seperti dilansir Detik.

Loading...