Banyak Diminati di Luar Negeri, Harga Jual Kepiting Mentah Ternyata Lebih Mahal Jika Diekspor

Ilustrasi : Kepiting mentah yang siap dijual

Kepiting rupanya bagi sebagian besar nelayan di Indonesia lebih menguntungkan bila ke seperti Malaysia. Jika harga kepiting mentah di lokal hanya berkisar Rp 40 ribuan, maka bila diekspor harganya bisa melonjak hingga 3 kali lipat, yakni sekitar Rp 200 ribuan per kg.

“Bisnis yang menjanjikan inilah yang mungkin menjadi alasan maraknya penyelundupan ataupun perdagangan kepiting ilegal ke Malaysia,” ujar Kepala Seksi Pengawasan dan Pelanggaran Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kaltim Heriyanto, seperti dilansir Antara.

Lantaran peluang usaha yang cukup menjanjikan di ini, banyak pelaku bisnis budidaya kepiting yang nekat melawan aturan pemerintah. Seperti diketahui, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti melalui Peraturan Menteri (Permen) Kelautan dan Perikanan No. 1 Tahun 2015 telah mengatur tentang Penangkapan Lobster, Kepiting, dan Rajungan.

“Berat dan kepiting untuk perdagangan dan konsumsi telah ditentukan yakni minimal mempunyai berat 200 gram, dan juga tidak boleh kepiting betina atau bertelur diperdagangkan, demi pelestarian ekosistem kelautan,” tuturnya.

Sayangnya, masih banyak jenis kepiting yang dilarang tersebut diperjual-belikan di pasaran umum hingga diekspor ke luar negeri. “Kadang para menyiasatinya dengan mencampur kepiting yang boleh dijual dan tidak boleh dijual dalam timbangan per kilogramnya, ini banyak terjadi di pasaran,” ujarnya.

Kepiting sendiri memang termasuk komoditas yang menjanjikan bagi Indonesia, terutama bagi warga Desa Sungai Nibung, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Warga Sungai Nibung kabarnya dapat meraup penghasilan hingga Rp 5,43 miliar tiap tahun dari budidaya kepiting. “Angka tersebut didapat dari hasil penangkapan masyarakat yang diasumsikan sebanyak 54,3 ton/tahun dengan harga di lokal Rp 100.000 per kilogram,” kata Manajer Program Kalbar WWF-Indonesia Albertus Tjiu di Pontianak

Jenis kepiting yang diperjual-belikan di pasaran ada banyak. Biasanya kepiting-kepiting tersebut dijual dalam kondisi masih mentah, dibekukan (frozen), atau masih hidup. Sebagai contoh, harga kepiting hidup yang masih segar isi 4 (masing-masing seberat 250 gram) dibanderol Rp 192 ribuan per kg, kemudian kepiting soka telur harganya Rp 90 ribuan per kilo, kepiting jumbo Rp 140 ribuan per kilogram, dan kepiting bakau 1 kg bisa dijual Rp 125 ribuan.

Loading...