Banyak Dimanfaatkan Untuk Keperluan Industri, Ini Harga Getah Pepaya 2018

Pohon, buah, batang, daun, pepaya, getah, putih, susu, white, milky, latex, enzim, protein, proteolitik, papain, harga, kandungan, manfaat, kosmetik, farmasi, industri, ekspor, pebisnis, fluktuasi, pasar, dijual, bagian, muda, tua, matang, vitamin, zat besi, kalium, obat, tekstil, bahan, pengempuk, dagingBuah pepaya bergetah (sumber: gulalives.com)

Pepaya merupakan salah satu segar yang dianggap baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain rendah lemak, yang termasuk dalam famili caricaceae ini kaya akan vitamin A, zat besi, fosfor, kalium, protein, dan karbohidrat.

Buah asal Meksiko yang sering disebut berkhasiat sebagai nutrisi antikanker ini memiliki sejumlah yang mampu memproteksi tubuh dari berbagai macam penyakit. Daging pepaya yang lembut banyak membantu orang untuk melancarkan BAB, obat bekas gigitan ular berbisa, obat demam dan malaria, mengatasi konstipasi, melawan cacing dan parasit dalam tubuh, dan lainnya.

pepaya tergolong multifungsi, karena hampir semua bagian tanaman bisa dimanfaatkan. Daunnya biasa dimasak sebagai sayur atau lalapan juga diramu menjadi obat. Biji buah pepaya dimanfaatkan sebagai obat cacing, buahnya yang muda dapat dibuat rujak, sedangkan yang tua dan matang dibuat manisan, dodol, atau dimakan dalam keadaan segar.

Tak hanya itu saja, ternyata pohon pepaya juga menyimpan sesuatu yang memiliki nilai guna dan ekonomis tinggi. Batang, , dan buah pepaya mengandung getah putih seperti susu (white milky latex) yang mengandung pemecah protein atau proteolitik yang dikenal dengan nama papain.

Enzim ini banyak digunakan dalam berbagai kegiatan industri farmasi sebagai bahan obat, kosmetik, tekstil, penyamakan kulit, dan lainnya, jika dibandingkan antara getah batang, daun, dan buah, getah yang berasal dari buah merupakan yang paling berkualitas.

“Papain memiliki sifat sebagai antibakteri dan antiradang, kemudian dikombinasikan dengan arginin yang memiliki sifat untuk meningkatkan pH rongga mulut, meningkatkan pembentukan pembuluh darah baru saat penyembuhan luka,” jelas Jessica Regina, mahasiswi Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Gadjah Mada (UGM) yang tergabung dalam kelompok Program Kreativitas Mahasiswa, dilansir Tribunnews.

Di dunia industri, papain juga banyak digunakan bahan pembuat pasta gigi, perenyah pada pembuatan kue kering seperti cracker, dan bahan penggumpal susu pada pembuatan keju. Selain itu, digunakan sebagai bahan pelarut gelatin dan pencuci lensa. Papain juga banyak dipergunakan sebagai bahan pengempuk daging.

Papain dari batang dan daun hanya memiliki aktivitas proteolitik sekitar 200 MCU/g, sedangkan dari buahnya jauh lebih banyak sekitar 400 MCU/g. Adapun produksi papain dari buah bisa mencapai sekitar 440 kg/tahun/hektare.

Untuk menyadap papain dari buah pepaya, sebenarnya cukup mudah. Carilah buah yang masih muda yang berumur sekitar 2,5—3 bulan. Waktu menyadap terbaik adalah pada pagi hari, yaitu sebelum matahari terbit sekitar pukul 05.30—08.00. atau, pada sore hari sebelum matahari terbenam, yaitu sekitar pukul 17.30—18.30.

Sebagai informasi, getah pepaya dengan yang bervariasi, tergantung fluktuasi pasar. Di tahun 2018 ini, getah pepaya atau papain mulai harga Rp35 ribuan per botol 75 gram.

Loading...