Banyak Dijual di Supermarket, Harga Asparagus per Kg Lebih dari Rp 100 Ribu

Asparagus - www.simplyrecipes.comAsparagus - www.simplyrecipes.com

Meski beberapa masyarakat Indonesia masih asing dengan keberadaannya, sayuran asparagus ternyata punya peminat sendiri. Bahkan yang berasal dari daratan Mediterania di Selatan ini kini sudah banyak diolah menjadi yang lezat di sejumlah atau hotel berbintang di Tanah Air karena menyuguhkan rasa yang unik dan dikenal menyehatkan.

Harga asparagus per kg di pasaran saat ini memang cukup mahal jika dibandingkan dengan sayuran lainnya. Sayur eksotis ini dalam kondisi segar dengan harga berkisar antara Rp 90 ribuan hingga Rp 130 ribuan untuk 1 kilogram-nya. Selain dapat ditemukan di -pasar tradisional, asparagus juga banyak ditemukan di supermarket.

Tak hanya menjual yang masih segar, beberapa supermarket juga umumnya menjual asparagus dalam wujud atau kemasan kalengan. Sebagai contoh, harga asparagus kaleng merek Golden di Transmart Carrefour dibanderol dengan harga antara Rp 18.900 hingga Rp 33.500 per kaleng isi 430 gram.

Menurut Jaringan Petani Asparagus Indonesia (Japati) dan Asosiasi Pengusaha Asparagus Bandung Selatan (APABS), para petani asparagus di Indonesia ternyata kesulitan memenuhi permintaan pasar terhadap asparagus yang mencapai 3,5 ton per hari, belum lagi dengan permintaan dari luar negeri.

“Para anggota Japati dan APABS dalam setahun terakhir ini (2013-2014) sudah melakukan penanaman pada lahan lebih dari 5 hektare. Sedangkan permintaan ekspor ke beberapa negara Asia, Eropa, Timur Tengah dan Amerika,” ujar Ketua APABS Dadang Taryana, seperti dilansir Bisnis.

Asparagus di Indonesia banyak dipasok dari daerah seperti Bali, Malang, dan Kabupaten Bandung. Permintaan pasar dari dalam dan luar negeri kabarnya cukup besar. Sementara itu kemampuan petani hingga Juni 2014 lalu baru mencapai 70 kg per hari.

Karena harganya yang cukup menguntungkan, para petani di Bandung Selatan pun menjuluki asparagus dengan sebutan emas hijau. Apalagi karena kandungan gizi dari asparagus pun cukup baik. Menurut hasil penelitian, rebung atau batang muda asparagus mempunyai sifat diuretic yang memiliki manfaat melancarkan saluran urine untuk memperbaiki fungsi ginjal.

Di samping itu, asparagus juga dikenal sebagai sumber terbaik asam folat nabati rendah kalori, kandungan natriumnya sedikit, memiliki senyawa yang bisa memperkuat dinding kapiler, menyehatkan pencernaan, mencegah bayi lahir cacat, mengurangi keasaman darah, hingga meningkatkan produksi ASI.

Loading...