Banyak Digunakan Oleh Atlet Profesional, Seberapa Mahal Harga Alat Panahan Recurve Bow?

Alat Panahan - (Sumber: bukalapak.com)Alat Panahan - (Sumber: bukalapak.com)

Panahan (atau Archery) merupakan salah satu olahraga yang menggunakan alat busur panah untuk menembakkan panah. Meski dianggap sebagai olahraga yang statis, namun kegiatan memanah juga memiliki banyak , yakni dalam kesehatan fisik dan juga mental.

Dalam berlatih panahan, peralatan memegang peranan yang penting. Ada beberapa jenis busur yang biasa digunakan, baik untuk latihan maupun perlombaan. Antara lain traditional bow, standard bow, dan compound. Di , jenis tradisional bow atau horse bow masih jarang digunakan saat perlombaan. satuannya berkisar Rp5 juta hingga Rp7 jutaan.

“Di Negara seperti Malaysia, Singapura, Turki, bahkan Eropa malah sering dilombakan, karena ‘kan di sana hobi dihargai,” ucap Tommie Pramudji, salah seorang pelatih olahraga panahan Berau.

Sementara itu untuk alat standard bow atau nasional bow kerap digunakan untuk berbagai kejuaraan. Jenis ini biasanya digunakan oleh pemula dan junior. Bahkan sebagian besar anggota komunitas panahan juga banyak yang menggunakan busur panah ini. Harga untuk satu set standard bow berkisar Rp8 jutaan hingga Rp11 jutaan.

Sementara untuk recurve bow yang notabene sering digunakan oleh atlet junior dan senior dibanderol dengan harga yang lebih mahal yakni sekitar Rp25-35 jutaan untuk satu set alat panahan. Namun, ada jenis alat yang dibanderol dengan harga yang lebih mahal lagi, yakni compound. Untuk mendapatkan busur ini harus di impor langsung dari Amerika Serikat. Di , satu set compound Rp50 jutaan hingga Rp80jutaan. Jenis busur panah ini sangat jarang didapatkan, namun sering dipakai oleh atlet senior dan profesional.

Namun, di antara banyaknya jenis busur panah yang ada, recurve bow merupakan paling baru untuk jenis busur yang ada di dunia. Recurve bow sendiri adalah busur panah yang paling umum digunakan di olahraga panahan saat ini.

Desain dalam busur panah recurve bow terdiri dari tiga bagian utama, yakni riser yang merupakan pegangan dan tempat aksesori lain dipasang, dan sepasang limb yang merupakan sumber energi pegas busur. Sedangkan ciri khas dari busur ini adalah bagian ujungnya yang melengkung ke depan sehingga akan menjauhi si pemanah saat tidak ditarik atau dilepas talinya.

Konstruksi seperti ini memungkinkan draw weight atau perbedaan berat yang lebih besar untuk panjang busur yang sama. Hal ini pula yang akan memberikan regangan dari limb menjadi lebih besar yang tentunya akan memberikan pegas yang lebih baik.

Jika seseorang berniat untuk terjun ke dalam olahraga Archery, maka disarankan untuk mulai mempersiapkan biaya di awal, karena harga dari alat dan aksesoris panahan ini tidak murah. Waktu terbaik untuk membeli busur panah pertama adalah ketika ia lulus dari kursus pemula, pasalnya seorang pemula telah memiliki bentuk dasar dan pelatih akan memberikan masukan mengenai spesifikasi untuk alat panahan yang sesuai dengan kualifikasi.

Loading...