Banyak Dicari Jemaah Haji, Harga Kurma Ajwa Dibanderol Hingga 100 Riyal di Madinah

Kurma Ajwa - jualkurmaajwaonline.wordpress.comKurma Ajwa - jualkurmaajwaonline.wordpress.com

menjadi hidangan yang cukup banyak dicari selama bulan Ramadan. Tak heran jika para musiman, terutama juga ikut merasakan berkah dari berjualan . Umat mengenal beragam kurma, mulai dari kurma Mesir, kurma Medjool, kurma Tunisia, hingga yang dianggap paling mahal harganya adalah kurma Ajwa atau yang kerap dijuluki kurma Nabi.

Dari semua jenis kurma, kurma Ajwa termasuk varian yang paling sulit didapat. Padahal kurma Ajwa diyakini memiliki sejumlah khasiat yang baik untuk dan dapat menambah stamina selama menjalankan ibadah puasa hingga dipercaya mampu menyembuhkan berbagai .

Kurma yang kabarnya merupakan jenis kurma kesukaan Nabi Muhammad SAW ini memang berbeda dari kurma pada umumnya. Warna kurma Ajwa adalah hitam gelap dan memiliki tekstur yang lembut dan rasanya tak terlalu manis. Kurma yang hanya tumbuh di Madinah ini juga sepintas memiliki tampilan mirip seperti kismis.

Menurut pengakuan jemaah haji yang berangkat ke Tanah Suci tahun lalu, harga kurma Ajwa di Madinah mencapai 100 riyal atau sekitar Rp 354 ribuan jika dirupiahkan. “Ini yang super, satu kilonya 100 riyal,” ujar Abdul Wahab, jemaah haji asal Jombang. Abdul Wahab mengatakan jika jenis kurma Ajwa ada bermacam-macam harganya, ada pula yang seharga 60 riyal per kg (Rp 212 ribuan).

Kurma jenis Ajwa memang biasanya paling banyak dicari oleh jemaah haji asal Indonesia selama berada di Tanah Suci. “Tapi di sini lebih mahal. 100 riyal (per kilogram), di Madinah ( kurma) bisa 40 riyal (Rp 141 ribuan),” kata jemaah haji lain bernama Nunik.

Sedangkan di Indonesia, harga kurma Ajwa bisa dijual antara Rp 200 ribu hingga Rp 500 ribu per kilo. Sebagai contoh di Surakarta kurma Ajwa dibanderol dengan harga mencapai Rp 340 ribu. Di Pasar Tanah Abang Jakarta harganya berkisar antara Rp 300-350 ribuan per kilogram.

Loading...