Banyak Dicari, Adakah Perumahan di Kawasan Batu-Malang Harga Rp 60 Jutaan?

Perumahan Batu Malang - rumahdijual.comPerumahan Batu Malang - rumahdijual.com

akan hunian murah terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2015, kelangkaan kepemilikan (back log) mencapai 13,5 juta unit, sedangkan rumah per tahun mencapai 800 ribu sampai 1 juta unit. Oleh sebab itu berupaya mencanangkan program Satu Juta Rumah per tahun lewat rumah-rumah bersubsidi. Sayangnya hingga kini untuk menemukan perumahan harga Rp 60 jutaan di kawasan , memang cukup sulit.

“Dari data yang ada, backlog mencapai angka 13,5 juta unit pada 2015 dan kebutuhan perumahan per tahun mencapai 800.000 hingga 1 juta unit. Dengan tingkat penduduk rata-rata nasional mencapai 1,49 persen per tahun, backlog pertumbuhan semakin tinggi dari waktu ke waktu,” ujar Plt Dirjen Bina Daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Diah Indrajati bulan September 2017 lalu, seperti dilansir Merdeka.

Sebagai , di kawasan Batu, Malang cukup jarang rumah yang dengan harga Rp 60 jutaan. Kalaupun ada, hanya berupa rumah sederhana yang areanya berada di dalam gang dan seharga Rp 70 juta. Rumah seharga Rp 70 juta tersebut hanya memiliki luas tanah dan luas bangunan sebesar 44 meter persegi. Meski demikian, akses rumah ini hanya sekitar 100 meter dari tempat hiburan seperti Batu Night Spectacular (BNS).

Berdasarkan penelusuran dari situs-situs jual beli properti di internet, kisaran harga jual rumah bekas di kawasan Batu-Malang paling murah mulai dari Rp 100 jutaan. Untuk kawasan perumahan yang dibangun harga yang ditawarkan berkisar Rp 125 jutaan, misalnya saja seperti di daerah Petung Sewu dengan luas tanah 84 meter persegi dan luas bangunan 36 meter persegi.

Di Kota Batu juga menerapkan peraturan bahwa sebagian pembangunan setiap perumahan, baik yang baru maupun lama harus diserahkan pada Pemkot Batu berdasarkan Perwali 43/2017 tentang Pedoman Penyerahan Sarana dan Prasarana dan Utilitas Kawasan Perumahan, Pemukiman, dan .

“Untuk perumahan yang sudah ada sebelum 1990-an akan diverifikasi. Sedangkan perumahan yang baru otomatis mengurus penyerahan sebagian pembangunan ke Pemkot,” ujar Kepala Dinas pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Batu, Arief As Siddiq.

Sebagian pembangunan perumahan yang diserahkan pada Pemkot untuk dijadikan fasum nantinya memiliki hak untuk pembebasan pajak dan jika ada kerusakan atau pembenahan akan menjadi tanggungjawab Pemkot. “Ada skala prioritas serta anggaran untuk hal itu,” tandasnya.

Loading...