Banyak Dibutuhkan Sebagai Pakan, Harga Jagung Pipil Per Kg Saat Ini Berkisar Rp 5 Ribuan

Jagung Pipil - www.tokopedia.comJagung Pipil - www.tokopedia.com

Harga jagung pipil kering sejak awal Januari 2018 lalu kabarnya mengalami kenaikan. Jika sebelumnya harga jagung pipil per kg hanya Rp 5.800, pada bulan Januari 2018 lalu harganya jadi Rp 6.200 per kilogram. Sayangnya kala itu keuntungan dari naiknya harga jagung pipil kering tak bisa dirasakan oleh lantaran sudah tak ada lagi yang .

“Harga jagung naik saat musim panen sudah lewat,” ujar salah satu petani jagung bernama Hariyanto di Desa Parijatah Wetan, Kecamatan Srono, seperti dilansir Radar Malang. Ketika memasuki masa panen, harga jagung yang banyak dijual dengan bonggol tersebut hanya dipatok Rp 3.000 per 1 kg. Sedangkan untuk menjual jagung dalam wujud sudah menjadi pipil kering, petani masih harus mengeluarkan penggilingan yang cukup besar. “Petani tidak ada yang menikmati hasil, hanya pengepul saja yang hasil,” imbuh Hariyanto.

Tak jauh berbeda, di Palembang jagung segar biasanya dijual langsung dengan harga Rp 3.000 per kg, sedangkan jagung pakan pipil kering bulan Juli 2018 ini dijual Rp 5.000 per kg. Dibandingkan jagung dengan bonggol, jagung pipil memang disebut-sebut memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Untuk dapat mendeteksi jagung pipil kering dengan kadar air (KA) sekitar 18-19% pun kabarnya tak terlalu sulit, cukup digenggam dan ditimang dengan tangan. “Bunyi benturan antar jagung sudah bisa dideteksi tingkat kadar air atau keringnya,” kata Aropik, salah satu pengepul jagung asal Dusun Krajan Kulon, Desa Wonosobo, Kecamatan Srono.

Jagung pipil kering biasanya dikemas dalam karung plastik untuk dikirimkan ke berbagai daerah, misalnya Bali, Jakarta, dan Jawa Barat. Tak hanya dibutuhkan untuk pakan ternak, jagung pipil kering juga banyak dikirimkan ke untuk baku kue kering, snack, dan olahan lainnya. “Untuk pakan ternak biasanya dikirim ke Bali, tapi kalau ke Jakarta untuk ,” jelas Aropik.

Selain jagung pipil kering, saat ini di pasaran juga banyak pedagang yang menjual jagung pipil dalam kondisi masih utuh basah (non cut). Jagung pipil utuh basah ini biasanya digunakan untuk membuat makanan olahan jagung seperti cup corn, corn soup, salad, pizza, dan sebagainya. Harga jagung pipil basah berkisar mulai Rp 23 ribuan hingga Rp 28 ribuan .

Loading...