Banyak Dibutuhkan Industri Perfilman, Ini Biaya Kuliah Animasi Binus

Biaya, kuliah, animasi, binus, bina nusantara, kampus, universitas, university, dp3, semester, jurusan, DKV, desain, komunikasi, visual, filmAnimator (cgmeetup.net)

Industri semakin berkembang dengan maraknya dan tayangan animasi. Peluang sebagai animator kian terbuka lebar. Selama menempuh pendidikan di Animasi, akan menemui mata kuliah yang tentu saja berhubungan dengan gambar.

Tujuan dari jurusan Animasi adalah menciptakan seorang animator. Lingkup kerja animator sendiri sekarang sudah luas karena teknologi yang semakin berkembang. Selain bekerja di industri perfilman, animator juga dibutuhkan di industri periklanan. Animator pun diperlukan di industri broadcasting, seperti menjadi Desainer Visual Efek.

Di Indonesia, kebanyakan studi Animasi menjadi satu di jurusan Komunikasi Visual, seperti di Institut Teknologi Bandung‍ dan Sebelas Maret‍. Mahasiswa DKV yang memiliki minat di animasi bisa memilih jalur minat Multimedia saat semester 6. Kampus lainnya yang memiliki program studi animasi antara lain D3 Animasi di Institut Seni Indonesia Yogyakarta, S1 DKV Animasi Bina Nusantara, dan S1 Film dan Animasi di Multimedia Nusantara.

Khusus untuk Universitas Bina Nusantara atau yang lebih dikenal dengan sebutan Binus University, merupakan salah satu universitas swasta yang kualitas pendidikannya tergolong baik. Awalnya, BINUS hanyalah sebuah institusi pelatihan komputer berbentuk Modern Computer Course dan kemudian berkembang pesat menjadi sebuah akademi hingga menjadi universitas seperti saat ini.

Hingga sekarang, Bina Nusantara University telah menghasilkan lebih dari seratus ribu lulusan mulai dari tingkat S1 hingga S3. Ada banyak program studi atau yang bisa dipilih sesuai minat dan bakat tiap calon mahasiswa, salah satunya adalah jurusan Desain Komunikasi Visual atau Animasi.

Jurusan DKV di kampus ini memang terkenal dengan biaya kuliahnya yang tergolong mahal. Namun hal tersebut dianggap sepadan dengan kualitas pendidikan yang akan didapatkan oleh mahasiswa. Selain itu, peralatan yang harus dimiliki untuk mendukung pembelajaran terbilang khusus. Di Binus, DKV berada di bawah naungan Sekolah Desain dengan jurusan Desain Interior, Desain Komunikasi Visual Animasi, dan Desain Komunikasi Visual Media Baru.

“Jurusan DKV di kampus ini memang terkenal dengan biaya kuliahnya yang mahal. Tapi, itu semua sepadan dengan kualitas dosennya yang top banget. Sebetulnya kuliah di jurusan DKV manapun memang nggak murah, karena peralatan yang harus dimiliki untuk mendukung pembelajaran terbilang khusus,” tutur Icha, salah seorang alumni DKV Binus.

Biaya kuliah di Universitas Bina Nusantara yang harus dibayarkan oleh mahasiswanya tiap semesternya ataupun pada saat masuk kuliah terdiri dari beberapa komponen biaya. Ada biaya sumbangan DP3, biaya BP3, dan juga biaya kuliah. Untuk mahasiswa yang sudah masuk semester akhir, nanti ada juga biaya skripsi atau tesis yang harus dibayarkan. Untuk jurusan Animasi, biaya kuliah semester 1 yang harus dibayarkan oleh calon mahasiswa Rp18.750.000, dan biaya sumbangan (DP3) sebesar Rp19.750.000.

Loading...