Bantu Orang yang Berduka, Berapa Biaya Keanggotaan PPK Tabitha?

perkumpulan penghiburan kedukaan tabitha - reporter.uki.ac.idperkumpulan penghiburan kedukaan tabitha - reporter.uki.ac.id

Saat ini, biaya jenazah memang semakin , mulai dari proses memandikan hingga pemakaman. Karena itu, banyak bermunculan yayasan atau yang menawarkan bantuan kedukaan, salah satunya Perkumpulan Penghiburan Kedukaan (PPK) Tabitha. milik Gereja Kristen Indonesia tersebut membuka kesempatan bagi untuk bergabung menjadi anggota dengan membayar sejumlah biaya atau iuran, sehingga nantinya biaya untuk pemakaman jenazah bisa ditekan.

“Kami mengawali pelayanan kami dalam kedukaan dengan misi untuk membantu orang-orang yang miskin,” tulis PPK Tabitha dalam resminya. “Nama Tabitha sendiri dipilih karena Tabitha merupakan anak perempuan yang banyak sekali berbuat baik dan memberi sedekah. Jadi, harapan para pendiri PPK Tabitha adalah agar lembaga ini dapat melakukan pelayanan bagi jemaat-jemaat miskin yang berduka di seluruh gereja DKI .”

Untuk membantu jemaat yang mengalami musibah, PPK Tabitha pun membuka kepesertaan atau keanggotaan, yaitu sebuah yang dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan setiap masyarakat ketika duka menghampiri mereka. Program ini memberikan sebuah kepastian pelayanan kedukaan berupa peti dan mobil jenazah sebagai sebuah kebutuhan dasar dalam kedukaan.

“Ada tiga kepesertaan, yaitu Kasih, Pengharapan, dan Iman Plus,” sambung PPK Tabitha. “ Kasih adalah paling dasar dan dirancang bagi mereka yang ingin menghadirkan kesederhanaan saat meninggal suatu saat nanti, dengan jenis peti yang diberikan adalah peti berbahan dasar MDF (medium-density-fibreboard).”

Sementara, Paket Pengharapan adalah paket menengah yang dirancang bagi mereka yang ingin menghadirkan kesan elegan namun masih tetap memberikan nuansa sederhana melalui peti dengan bahan dasar kayu dengan ukiran-ukiran yang membalut di sisi luar peti. Adapun Paket Iman Plus, adalah paket premium yang dirancang bagi mereka yang ingin menghadirkan kesan eksklusif melalui desain peti yang dirancang khusus untuk memberikan kesan mewah.

Untuk menjadi anggota PPK Tabitha, masyarakat memang dipungut sejumlah biaya dan iuran bulanan. Dahulu, di tahun 2008 silam, peserta diharuskan membayar uang pangkal Rp300 ribuan untuk Kelas I, Rp200 ribuan untuk Kelas II, dan Rp100 ribuan untuk Kelas III, dengan iuran bulanan mulai Rp4.000 sampai Rp12.000, yang kini mungkin sudah naik. Di samping itu, PPK Tabitha juga menyediakan voucher paket kedukaan dengan mulai Rp5 juta.

Loading...