Bantu Lancarkan ASI untuk Ibu Menyusui, Produk Vitonal ASI Dijual Harga Rp 46 Ribuan

Vitonal ASI - shopee.co.idVitonal ASI - shopee.co.id

Air Ibu (ASI) adalah sebaik-baiknya yang bisa diberikan oleh seorang ibu terhadap bayinya. Setelah melahirkan, para ibu dianjurkan untuk menyusui bayi mereka secara langsung untuk menciptakan kelekatan antara ibu dan anak, serta mencukupi kebutuhan sang buah hati. Tak hanya saat saja, selama menyusui pun ternyata para ibu juga diharuskan untuk mencukupi kebutuhan asam folat mereka.

Pasalnya, selama menyusui bayi, seorang ibu sama artinya sedang mengosongkan cadangan asam folat mereka. Menurut sejumlah , menyusui dikatakan berhasil apabila ASI yang diberikan pada bayi mengandung nutrisi yang memadai dan bayi bisa tumbuh dengan baik. Akan tetapi menurut Mary Frances Picciano, pakar gizi dari Pennsylvania State University, hal itu saja ternyata belum cukup. “Barangkali, kita juga perlu melihat pada ibunya,” ujarnya, seperti dilansir Republika.

Lewat studi yang dilakukan dengan rekannya, Amy D. Mackey, Picciano menemukan bahwa suplemen folic-acid yang diberikan tiap hari pada ibu menyusui rupanya adalah kunci untuk mempertahankan kadar vitamin dalam tubuh. Folic acid adalah bentuk sintetis dari asam folat yang bisa diperoleh secara alami melalui konsumsi makanan tertentu seperti kacang-kacangan, biji-bijian, jus jeruk, dan sayur-sayuran berdaun hijau.

Dalam studi yang dilakukan tersebut didapatkan hasil bahwa ibu menyusui yang mengonsumsi folic acid rata-rata mempunyai cadangan asam folat lebih banyak. Sebaliknya, ibu yang tak mengonsumsi suplemen kadar protein homocysteine dalam darahnya lebih tinggi. Protein tersebut erat kaitannya dengan risiko penyakit jantung dan asam folat diketahui dapat mengatur protein tersebut.

Pada ibu menyusui, asam folat disarankan untuk dikonsumsi sebanyak 500 mikrogram tiap hari. Jika tanpa suplemen folic-acid, yakni hanya mengandalkan makanan, maka rata-rata hanya mampu menyuplai 380 mikrogram folat per hari dalam tubuhnya dan menurut Picciano jumlah itu masih belum memadai. “Menyusui menuntut nutrisi yang cukup. Dan tidak mungkin mendapatkan folat dalam jumlah cukup tanpa suplemen,” ungkapnya.

Beruntung kini sudah banyak suplemen, obat, atau jamu-jamuan yang diklaim bisa membantu melancarkan ASI, salah satunya seperti Vitonal ASI. Vitonal ASI dengan terjangkau, sekitar Rp 46 ribuan saja. Vitonal ASI diklaim mengandung ekstrak daun katuk setara 3.000 mg, serta ekstrak temulawak setara dengan 250 mg per kapsul. Dosis atau aturan minum Vitonal-ASI bisa diminum sehari 3 kali sebanyak 1-2 kapsul untuk wanita hamil (pada trimester ke-3 atau bulan ke-9 kehamilan) dan wanita menyusui (selama periode menyusui).

Loading...