Bantu Atasi Diare Pada Anak dan Balita, Harga Lacto B Rp7 Ribuan

Lacto B - (Sumber: tokopedia.com)Lacto B - (Sumber: tokopedia.com)

diare memang kerap menyerang siapa saja, baik orang dewasa ataupun dan balita. Khusus untuk penanganan diare pada balita memang tidak bisa sembarangan dalam memberikan obat. Namun, beberapa orang tua memutuskan untuk memberikan obat diare Lacto B yang diklaim aman untuk atau balita. Lacto B di pasaran dan apotik seharga Rp7 ribuan.

Penyakit diare memang nampak sederhana dan biasa saja. Akan tetapi ketika seorang balita merasakan penyakit ini, maka ia akan merasa tidak nyaman dan bisa berakibat buruk pada bayi jika penyakitnya tak kunjung disembuhkan. Pada beberapa referensi bahkan menyebutkan jika di Indonesia, diare merupakan penyebab kematian bayi ( 29 hari-11 bulan) dengan persentase mencapai lebih dari 30% dan sekitar 25% pada balita berumur 1-4 tahun.

Diare pada bayi dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari infeksi usus hingga perubahan pola makan. “Bisa karena alergi dari ASI/MPASI, kurang bersih baik mainan maupun peralatan makannya, atau bisa juga karena bakteri atau virus yang membutuhkan antibiotik tentunya,” ujar alah seorang ibu yang anaknya sempat terserang diare.

Dengan memberikan Lacto B saat balita terserang diare dianggap cara yang efektif. Hal ini dikarenakan Lacto B atau Lactic Acid Bacteria merupakan suatu bakteri yang menguntungkan. Dikatakan menguntungkan karena bakteri ini menghasilkan asam laktat yang dapat digunakan sebagai probiotik yang menghambat bakteri yang merugikan.

Lacto-B sendiri bukanlah sebuah obat yang menyembuhkan diare pada bayi, namun merupakan sebuah suplemen tambahan makanan pelengkap yakni berupa probiotik yang mempunyai fungsi dalam hal menjaga fungsi normal dari pencernaan pada buah hati.

utama dari probiotik ini dalam melindungi pencernaan adalah di dalamnya yang terdapat zat-zat yang baik untuk kesehatan pencernaan manusia. Di setiap sachet Lacto B,selain mengandung lactid acid bacterial juga mengandung lactobacilli. Unsur ini mampu menghasilkan enzim Beta-galaktosidase yang bisa menghidrolisa laktosa menjadi glukosa dan galaktosa.

Kemasan lacto B berupa box kotak yang berisikan kemasan kecil yang berbentuk sachet. Untuk keamanan dalam konsumsi Lacto B sebaiknya para orang tua mengunjungi dokter anak terlebih dahulu, karena probiotik ini tergolong kategori yang harus dengan resep dokter.

Sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter karena kaitannya dengan dosis yang terkandung di dalam Lacto B, agar bisa dikonsumsi oleh bayi sesuai dengan takaran dan kebutuhannya, sehingga tidak menyebabkan efek samping yang buruk terhadap bayi. Namun biasanya, dosis Lacto B untuk bayi di bawah 1 tahun (usia 7 bulanan) bisa menggunakan 2 sachet per hari. Sedangkan untuk usia 1-6 tahun bisa diberikan 3 sachet Lacto B dalam sehari. Menariknya suplemen ini bisa diberikan bersama dengan makanan bayi atau susu formula.

Loading...