Bantu Atasi Diare, Harga Loperamide Generik Cukup Terjangkau

Ilustrasi : Sakit perut karena diareIlustrasi : Sakit perut karena diare - fader.id

Terserang memang tidak mengenakkan. Untungnya, saat ini sudah ada banyak produk yang dikhususkan untuk meredakan gangguan pencernaan tersebut. Nah, salah satu yang dapat Anda konsumsi adalah loperamide generik, yang saat ini sudah dijual bebas di apotek maupun toko dengan relatif terjangkau.

“Diare merupakan peningkatan jumlah buang air besar (tiga kali atau lebih atau penurunan konsistensi dari tinja (menjadi lunak atau cair) dalam waktu 24 jam,” jelas dr. Andika Widyatama dilansir KlikDokter. “Konsistensi tinja yang cair ini menjadi karakteristik diare dan biasanya akan hilang dalam beberapa hari. Namun, perlu diketahui, diare kronik dapat menjadi tanda adanya kelainan yang lebih serius.”

Jika Anda kebetulan sedang terserang diare, salah satu obat yang dapat Anda konsumsi untuk meredakan tersebut adalah loperamide. Ini adalah obat untuk mengatasi diare, yang bekerja dengan memperlambat gerakan saluran pencernaan, sehingga usus punya lebih banyak waktu untuk menyerap cairan dan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

Ada banyak merek obat yang telah mengandung loperamide, misalnya Imodium, Colidium, Diadium, Diasec, Lodia, Renamid, hingga Lopamid. Harga masing-masing obat bervariasi, misalnya Imodium 2 mg yang dijual Rp10 ribuan per tablet, Colidum yang dijual Rp5 ribuan per strip (10 tablet), atau Diadium 2 mg yang saat ini ditawarkan dengan harga Rp1.500 per tablet atau Rp133 ribuan per box. Sementara, untuk obat loperamide generik, harganya di pasaran berkisar Rp300 per tablet.

Meski ampuh mengatasi diare, dilansir Farmasetika.com, obat loperamide dosis tinggi ternyata dapat meningkatkan risiko masalah jantung yang serius. Pada tanggal 7 Juni 2016 lalu, US FDA menginformasikan Drug Safety Communication terkait dengan risiko masalah jantung yang serius pada penggunaan dan penyalahgunaan obat anti-diare loperamide dosis tinggi.

Menurut FDA, pasien dan konsumen harus hanya mengambil loperamide dalam dosis diarahkan oleh para profesional mereka atau sesuai dengan label atau etiket obatnya. Jangan menggunakan lebih dari dosis yang ditentukan atau yang tercantum pada label, karena melakukan hal itu dapat menyebabkan masalah irama jantung yang parah atau kematian. Jika diare berlanjut lebih dari 2 hari, berhenti minum loperamide dan hubungi ahli .

Loading...