Bakal Dirilis, Kripto Libra Facebook Berisiko Picu Gejolak Keuangan Asia

Mata Uang Kripto - finroll.comMata Uang Kripto - finroll.com

TOKYO/JAKARTA – Rencana untuk merilis mereka sendiri (mungkin bernama Libra) telah menuai banyak tanggapan skeptis dan kritikan. Pasalnya, perusahaan asal ini memiliki reputasi untuk mengejar keuntungan komersial sehingga harus waspada karena cryptocurrency tersebut berpotensi memicu gejolak keuangan, termasuk di Asia.

“Menempatkan ambisi Facebook dan rekam jejak yang tidak menentu dalam mengatur penggunanya bersama dengan penting pembayaran keuangan adalah risiko besar,” ujar Stephen Grenville, mantan wakil gubernur di Reserve Bank of Australia, dilansir Nikkei. “Bendera merah telah dikibarkan atas segalanya, mulai dari privasi dan regulasi hingga kerentanan jaringan finansial baru yang begitu besar dan peretasan industri.”

Grenville menambahkan, satu risiko bahaya lagi yang perlu disoroti adalah rencana cryptocurrency Libra yang akan hadir untuk negara-negara berkembang, terutama terbuka ukuran menengah di Asia dengan mata uang yang labil. Jika Facebook menawarkan transaksi internasional tanpa hambatan kepada semua orang, maka pembalikan aliran modal dan ‘penghentian mendadak’ yang saat ini merupakan masalah makro- yang bisa dikelola dengan mudah, dapat menjadi krisis besar-besaran.

“Nilai tukar uang di negara-negara berkembang tidak secara kuat berlabuh dengan analisis yang berpandangan jauh ke depan, ekspektasi yang kuat dan spekulan yang stabil,” sambung Grenville. “Krisis Asia tahun 1997 yang membawa bencana masih diingat, yang kemudian disegarkan oleh taper tantrum 2013. Negara-negara berukuran menengah dengan nilai tukar mengambang, seperti Indonesia, Thailand, dan Korea Selatan, berpotensi sangat rentan.”

Untuk Facebook, serta perusahaan mitra mereka, tentu saja konsep mata uang virtual ini sangat menarik. Smartphone ada di mana-mana, bahkan di negara-negara miskin. Namun, tidak semuanya memiliki rekening bank. Menggunakan uang tunai untuk membayar tagihan atau mengirim uang ke kerabat cukup sulit. Nah, jika pembayaran dilakukan antara dua smartphone, masa pakai menjadi lebih mudah dan peluang komersial baru terbuka.

Memang, Facebook bukan yang pertama melihat potensi tersebut. M-Pesa Kenya memelopori gagasan itu lebih dari satu dekade lalu, menggunakan infrastruktur seluler Vodafone. Tetapi, jika mata uang Libra memasuki , akan memiliki keunggulan kompetitif yang sangat besar. Memiliki banyak pengguna yang terhubung adalah kunci keberhasilan. Komunitas besar Facebook memberikannya konektivitas jaringan yang tak tertandingi. Itu tidak hanya mengumpulkan biaya transaksi, tetapi juga meraup hadiah tambahan, yakni data pengguna.

Janji Libra tidak berhenti di sini. Pertama, mata uang itu berencana untuk membuat pengguna bisa melakukan transaksi lintas batas ‘semudah mengirim pesan’. Karakteristik unik kedua Libra adalah bahwa ia akan didukung oleh sekeranjang mata uang asing utama. Nilainya tidak akan berfluktuasi seperti Bitcoin, yang tidak memiliki dukungan. Dukungan ini juga memberikan likuiditas yang terjamin.

“Sayangnya, dunia nyata sangat berbeda. Realitas aliran modal internasional lebih seperti bank yang dijalankan dalam sistem tanpa asuransi simpanan,” lanjut Grenville. “Penduduk Indonesia memegang uang tunai karena ini diperlukan untuk transaksi sehari-hari. Tetapi, jika depresiasi tampaknya akan terjadi, beralih ke mata uang asing yang stabil akan menjadi solusi cerdas. Apa yang rasional bagi seorang individu Indonesia, jika ditiru oleh banyak orang lain, akan menjadi bencana bagi negara.”

Menurut Grenville, Libra masih memiliki banyak tantangan global, termasuk stabilitas keuangan, keamanan sistem pembayaran, kompetisi, data, dan privasi. Untuk negara-negara berkembang, respons yang masuk akal mungkin adalah ‘melempar pasir di roda aliran modal internasional’. “Satu hal yang tampaknya pasti, dalam usahanya di bidang keuangan, Facebook tidak dapat diberikan hal gratis yang tidak diatur untuk semua yang telah mereka nikmati sejauh ini,” pungkas Grenville.

Loading...