Bakal Digratiskan, Berapa Biaya Tambah Daya Listrik 2.200 VA ke 3.500 VA?

Tambah Daya Listrik - bisnis.liputan6.comTambah Daya Listrik - bisnis.liputan6.com

JAKARTA – Pada awal tahun 2018 ini, PT Negara () dikabarkan berencana melakukan program penambahan daya untuk golongan secara bertahap. Untuk yang ingin tambah daya , misalnya dari 2.200 VA ke 3.500 VA, tidak akan dikenakan alias .

Dilansir dari Daily, program penambahan daya listrik secara cuma-cuma ini menurut rencana akan dilakukan mulai bulan Maret 2018 mendatang. Penambahan daya ini merupakan bagian dari kebijakan penyederhanaan golongan yang diberlakukan untuk rumah tangga dengan listrik kapasitas 1.300 VA sampai dengan 4.400 VA.

“Rencana peningkatan daya secara cuma-cuma itu akan dilaksanakan karena kami sudah melakukan sosialisasi mengenai kebijakan ini, termasuk bahwa peningkatan daya tidak akan berdampak pada kenaikan tarif dasar listrik yang dikenakan ke pelanggan,” kelas Direktur Utama PLN, Sofyan Basir. “Saya ingin bulan Maret bisa dilakukan, dan nanti kami akan benahi instalasi yang belum bagus.”

Untuk mewujudkan program tersebut, perseroan telah menyiapkan dana sebesar Rp1,3 triliun. Dana tersebut bakal digunakan untuk membeli MCB (miniature circuit breaker) atau alat guna membatasi arus dan pengaman instalasi listrik. MCB sendiri mencapai Rp35 ribu hingga Rp40 ribu per unit, plus ongkos penggantian sebesar Rp60 ribu.

“Alih daya tersebut akan dilakukan secara bertahap. Kemungkinan, PLN menerapkan masa penggantian gratis hanya dalam kurun waktu tertentu, misalnya hingga akhir 2018,” timpal Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN, I Made Suprateka. “Adanya program tambah daya gratis ini akan menguntungkan masyarakat yang selama ini khawatir dengan mekanisme dan biaya yang mahal.”

Seperti diketahui, jika pelanggan listrik 2.200 VA ingin tambah daya ke 3.500 VA, akan dikenakan biaya sebesar Rp1,25 jutaan. Sementara, jika ingin tambah daya ke 4.400 VA, maka akan dikenakan biaya Rp2,13 jutaan, dan biaya sebesar Rp3,19 jutaan apabila hendak tambah daya ke 5.500 VA. Tarif listrik untuk golongan ini sendiri ditetapkan sebesar Rp1.467,28 per kWh.

Loading...