Bahan Ringan dan Lentur, Berikut Harga Akrilik 10 mm di Pasaran

Akrilik - www.tokopedia.comAkrilik - www.tokopedia.com

Acrylic, atau akrilik, merupakan salah satu yang diklaim lebih unggul dari kaca dan karenanya banyak dimanfaatkan untuk membuat berbagai , mulai tabung, produk display, bingkai , hingga hiasan patung dan miniatur. Di , material ini umumnya dijual dalam bentuk lembaran, dengan ketebalan mulai 2 mm hingga 10 mm dan bervariasi.

“Akrilik merupakan semacam plastik yang menyerupai kaca, namun memiliki sifat yang membuatnya lebih unggul daripada kaca,” tulis situs milik Pusat Akrilik. “Akrilik adalah lembaran plastik super keras yang memiliki yang tidak cepat pudar serta bobot yang super ringan, sehingga sering dijadikan sebagai bahan baku barang kerajinan.”

Bahan yang sering disebut sebagai mika ini memiliki beragam keunggulan, seperti tidak mudah pecah, punya berat yang ringan serta mudah dipotong dan diolah, warna yang transparan sehingga dapat dibuat dengan berbagai warna, serta punya sifat yang lentur. Karena keunggulannya tersebut, akrilik banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan barang, terutama benda-benda kerajinan.

Saat ini, tidak susah jika ingin membeli akrilik karena sudah tersedia luas di pasaran, baik di jasa sablon, alat tulis, maupun situs jual beli online. Akrilik bening dengan ketebalan 10 mm misalnya, dilepas dengan harga mulai Rp250 per lembar untuk dimensi paling kecil. Sementara, untuk akrilik bening dengan ketebalan yang sama namun setara A4, dijual sekitar Rp60 ribuan, sedangkan untuk A3 dipasarkan dengan harga berkisar Rp135 ribuan.

“Tidak hanya sekadar bening, PMMA (polymethyl metacrylate) juga sedikit sekali menyerap sinar yang melalui media tersebut,” tulis Studio Kreasi Indo dalam situs resminya. “Penyerapan sinar yang terjadi pada akrilik sangat kecil, sehingga walaupun ketebalan bahan tersebut bertambah, sifat transparannya tidak banyak berubah.”

Loading...