Bahan Bikin Kue, Ini Harga Mentega Simas di Pasaran

Harga Mentega - www.bestfoodfacts.orgHarga Mentega - www.bestfoodfacts.org

JAKARTA – Mentega, dan juga margarin, memang lekat keberadaannya dalam dunia kuliner. Pasalnya, tersebut sering digunakan dalam pembuatan , bahkan pengganti goreng untuk menumis. Di pasaran sendiri, sudah tersedia beragam mentega, salah satunya Simas, yang sekarang ditawarkan dengan harga Rp178 ribu sampai Rp200 ribuan untuk kemasan 1 dus 15 kg.

Mentega Simas sendiri, seperti namanya, merupakan dari Sinar Mas. Ini adalah brand yang sebenarnya tidak hanya berfokus pada sektor food, melainkan juga pulp dan kertas, agribisnis, jasa keuangan, developer, hingga real estate. Perusahaan ini sendiri sudah meluncurkan beragam merek bahan kuliner, salah satunya mentega Simas.

Tidak sulit mendapatkan mentega Simas, karena produk ini sudah bebas di pasaran. Anda bisa membelinya di berbagai , minimarket, swalayan, bahkan situs jual beli . Satu dus mentega Simas kemasan 15 kg sekarang ditawarkan di kisaran harga Rp178 ribu sampai Rp200 ribuan. Sementara, apabila Anda membeli eceran, harganya mulai Rp4.500 untuk kemasan 250 gram dan Rp8.000 untuk kemasan 500 gram.

Sayangnya, meski kerap digunakan untuk memasak, namun masih banyak yang belum bisa membedakan antara mentega dan margarin. Pasalnya, kedua bahan ini secara tampilan memang terlihat mirip, dengan dominasi warna kuning. Walau begitu, ternyata antara mentega dan margarin memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

“Secara bahan baku, pembuatan mentega dan margarin berbeda. Mentega umumnya dibuat dari bahan lemak hewani, sedangkan margarin biasanya dibuat dari lemak tumbuh-tumbuhan,” papar President of Indonesia Pastery Alliance, Rahmat Kusnaedi, dilansir Kompas. “Tampilan fisik secara kasat mata juga berbeda, dengan margarin berwarna lebih kuning dan bersinar, sedangkan warna mentega lebih pudar.”

Di samping itu, Rahmat menambahkan, tingkat ketahanan margarin dan mentega pun memiliki perbedaan. Menurutnya, mentega lebih mudah meleleh jika dibandingkan margarin. Dalam suhu 30 derajat Celcius, mentega sudah meleleh, sedangkan margarin masih bisa bertahan sampai suhu 35 derajat Celcius.

Loading...