Awas, Jangan Sampai Hilang! Biaya Penggantian Paspor Hilang Ternyata Segini

Paspor Republik IndonesiaPaspor Republik Indonesia - blog.reservasi.com

termasuk yang harus dimiliki seseorang saat hendak bepergian ke . Karena kategorinya penting, sudah sewajibnya paspor disimpan secara agar tidak sampai hilang atau rusak. Selain prosedur pengurusannya yang panjang dan merepotkan, penggantian paspor hilang pun kabarnya lebih mahal dibandingkan pembuatan paspor baru.

Apabila paspor hilang, maka pemohon bisa mengurus di kantor Kementerian Hukum dan HAM RI (Kemenkumham). Akan tetapi, pemohon diharuskan memenuhi berbagai dan menempuh sejumlah tahapan. Pasalnya paspor yang hilang tidak bisa langsung diterbitkan atau dicetak ulang.

“Maka untuk mengurusnya, belum tentu langsung dikabulkan. Pemohon paspor yang hilang wajib melengkapi sejumlah berkas dan akan di-BAP (Berita Acara Pemeriksaan) terlebih dahulu,” kata Widhi Mosakajaya, Kasubsi Penindakan Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandung, seperti dilansir Tribunnews.

Lebih lanjut, Widhi menjelaskan bahwa BAP dibutuhkan untuk mengetahui secara jelas mengapa paspor hilang. Alasan-alasan itu pula yang kemudian jadi pertimbangan apakah permohonan akan dikabulkan atau diberi sanksi dan permohonan paspor ditunda.

Berdasarkan Permenkumham No 8 Tahun 2014, pasal 34 (1) dan pasal 41 huruf (c), apabila dalam pemeriksaan ditemukan adanya unsur kecerobohan atau kelalaian, disertai alasan yang tidak dapat diterima, maka pemberian paspor dapat ditangguhkan selama 6 bulan dan paling lama 2 tahun. “Paspor itu dokumen penting, maka pemegangnya harus menjaga dengan baik. Banyak pemilik paspor yang lalai kemudian hilang. Aturan ini agar pemilik paspor aware dan hati-hati,” sambung Widhi.

Sebelum proses BAP, pemohon paspor hilang diharuskan juga melengkapi berbagai berkas seperti fotokopi e-KTP, Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran/ijazah/akta nikah, surat kehilangan dari kepolisian terkait paspor hilang, mengisi surat pernyataan yang lembarannya disediakan oleh petugas, mengisi formulir pendaftaran, surat pernyataan menjaga paspor, fotokopi paspor lama, serta melampirkan surat keterangan domisili bagi warga di luar area pembuatan paspor baru.

Adapun biaya penggantian paspor hilang jika merujuk pada Pemerintah No. 28 Tahun 2019 tentang Dan atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kementerian Hukum Dan HAM adalah Rp 1 juta untuk biaya beban paspor hilang per buku.

Loading...