Senin Pagi, Rupiah Berbalik Lemas Usai Dibuka Naik

Rupiah melemah senin pagi - www.merdeka.com

JAKARTA – Dibuka naik tipis 5 poin atau 0,03% ke Rp14.855 per , langsung meluncur ke zona merah pada perdagangan Senin (18/5) pagi. Pukul 09.02 WIB, mata uang Garuda terpantau melemah 15 poin atau 0,10% ke level Rp14.875 per . Sebelumnya, spot ditutup menguat 25 poin atau 0,17% di posisi Rp14.860 per pada akhir pekan (15/5) lalu.

“Rupiah kemarin menguat karena didorong capital inflow ke dalam negeri, khususnya pada Surat Utang (SUN). Hal ini tercermin dari penambahan kepemilikan asing di SUN sebesar Rp7 triliun,” ujar Ekonom Pefindo, Fikri C. Permana, dilansir Kontan. “Rupiah di awal pekan ini berpotensi lanjut menguat seiring masih terbukanya kemungkinan terjadi capital inflow.”

Selain itu, masih menurut Fikri, rupiah berpotensi terapresiasi setelah BUMN dan banyak mengeluarkan bond demi menambah likuiditas valas dalam negeri. Meski begitu, kenaikan indeks dolar AS karena pernyataan Gubernur , Jerome Powell, yang akan memberikan stimulus tambahan bisa memicu depresiasi rupiah.

Sementara itu, Analis Monex Investindo, Futures Faisyal, menambahkan bahwa penguatan rupiah pekan lalu terbantu oleh pernyataan AS yang terbuka untuk merancang penambahan stimulus untuk menopang negara. Namun, rupiah selanjutnya bisa terkoreksi di tengah ketegangan hubungan AS dan China, kekhawatiran global, dan penyebaran virus corona gelombang kedua.

Sedikit berbeda, analisis CNBC Indonesia menyampaikan bahwa pada perdagangan hari ini, rupiah tampaknya akan bergerak ke area merah. Pasalnya, tanda-tanda depresiasi rupiah sudah terlihat di pasar Non-Deliverable Market (NDF). Pasar NDF seringkali memengaruhi psikologis pembentukan di pasar spot, sehingga kurs di NDF tidak jarang diikuti oleh pasar spot.

Pada hari ini, Fikri memperkirakan mata uang Garuda akan bergerak di kisaran Rp14.720 hingga Rp14.970 per dolar AS dengan kecenderungan menguat. Sementara, Faisyal memprediksi mata uang domestik akan bergulir di rentang Rp14.700 hingga Rp15.000 per dolar AS. Menurut di pasar NDF, kurs rupiah pagi ini pukul 07.05 WIB berada di posisi Rp14.880 per dolar AS.

Loading...