Atasi Masalah Kolitis, Harga Buah Pear Mulai Rp14 Ribuan per Kg

Harga, buah, pear, pir, manfaat, kesehatan, kandungan, vitamin, nutrisi, apel, jeruk, melon, jenis, Ya lie, Packham, China, India, per, kg, kilogram, kolitisBuah pear (eskipaper.com)

Sama seperti apel, jeruk, melon, dan -buahan lainnya, pear (pir) juga kaya akan . yang satu ini diklaim dapat memberikan baik bagi penikmatnya apabila dikonsumsi secara rutin.

Pir adalah buah khas dari daerah beriklim sedang dan telah menjadi salah satu hasil budidaya tertua di dunia. Hal tersebut bisa terjadi mengingat fleksibilitas, dan waktu lebih lama untuk penyimpanan buah ini. Buah ini memiliki domestikasi di dua wilayah yang berbeda, yakni China dan Timur Tengah. Negara bagian Oregon dan Washington di Amerika Serikat dianggap sebagai daerah yang sangat dalam pengembangan buah pir. Terdapat lebih dari 1.600 petani pir di sana.

Buah yang juga dikenal dengan nama ‘patharnakh’ di Punjab, pun telah menjadi tanaman buah komersial di India. Di India, buah ini dibudidayakan dengan nama ‘gola pear’. Musim pir di India berlangsung dari akhir musim panas sampai awal musim dingin. Buah pir tak hanya nikmat, namun juga memiliki manfaat menakjubkan bagi kesehatan.

Beberapa nutrisionis sudah merekomendasikan pir sebagai salah satu buah yang terbaik untuk membantu mencegah dan mengurangi risiko beberapa penyakit. Apabila dikonsumsi dalam jumlah sedang, pir bisa mengurangi risiko masalah kesehatan. Buah ini bermanfaat bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi, kolesterol, hingga mendorong untuk penurunan berat badan.

Selain rasanya yang enak, buah pear yang mengandung sekitar 10% vitamin C untuk kebutuhan harian ini dianggap baik untuk membantu mencegah infeksi dan menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat. Serta adanya kandungan asam folat dalam buah pir juga dapat menambah gizi pada ibu hamil.

Pir dengan jumlah serat yang tinggi mampu mencegah dan juga mengatasi terjadinya kolitis. Kolitis adalah penyakit berupa peradangan usus besar yang menyebabkan gejala nyeri, meradang, diare dan perdarahan anus.

“Masalah usus besar bisa disembuhkan dalam satu minggu dengan mengkonsumsi setengah kilogram pir segar sebelum waktu makan tiga kali sehari. Namun, sebelum makan buah pir, kulitnya harus dikupas,” kata Dr. Anju Sood, seorang ahli nutrisi berbasis di Bangalore, dilansir dari Kompas.

Tak hanya itu, buah pir juga diyakini baik untuk melembapkan kulit. Hal tersebut dikarenakan buah pir mengandung humektan alami yang berfungsi membantu menyeimbangkan kandungan air yang normal pada kulit dan mempertahankan kelembaban alaminya. Secara lebih luas, buah pir digunakan untuk pembuatan lotion pelembap.

Untuk perkembangan harga buah pear sendiri dapat dikatakan masih sangat stabil dari waktu ke waktu. Harganya saat ini di pasaran berkisar antara Rp14.900 untuk pear Cau Sau Lie, Rp15.500 per kg untuk pear Ya lie, Rp32.750 per kilogram untuk buah pir Packham, dan yang termahal adalah pir Xiang Lie yang seharga Rp53 ribuan per kg.

Loading...