Atasi Alergi Rhinitis, Ozen Drop Dijual Harga Rp80 Ribuan

Ozen Drop, Ozen Drops, obat, alergi, rhinitis, demam, bersin, pilek, alergen, debu, bulu, hewan, perennial, musiman, kronis, urtikaria idiopatik, apotek, apotik, K24, botol, 12ml, makan, cetirizine, sistem, saraf, pusat, antihistamin, dokter, spesialis, ahli, kesehatan, kondisi, jamur, efek samping, gangguan, penyebab, hargaIlustrasi: penggunaan obat tetes mata

Pernahkah Anda mengalami bersin-bersin, dengan yang gatal dan berair? Umumnya bersin-bersin, yang disertai dengan gatal dan berair, terjadi dalam waktu yang cukup lama. Kondisi ini tentu saja akan mengganggu kenyamanan Anda. Gangguan tersebut bisa jadi merupakan gejala rhinitis alergi.

“Rhinitis alergi terjadi ketika sistem daya tahan tubuh mendeteksi adanya suatu alergen atau material asing, kemudian tubuh menghasilkan senyawa histamin untuk mengatasi alergen tersebut. Histamin inilah yang menyebabkan pilek, bersin, tersumbat, mata berair, lendir di tenggorokan, batuk, dan lemas,” ucap Agustina, Dokter Umum, Rumah Sakit Umum Siloam Lippo Village, dilansir 1Health.

Rhinitis alergi biasanya terjadi bila seseorang memiliki alergi terhadap udara dingin, debu, tungau, atau tertentu. Menurut Agustina, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rhinitis alergi. Jika memungkinkan, cobalah untuk mengurangi paparan alergen yang memicu kondisi tersebut. Hal ini baru bisa Anda lakukan bila Anda sudah mengetahui apa penyebab alergi yang biasa Anda alami.

Selain itu, teraturlah dalam membersihkan hidung atau irigasi hidung dengan larutan campuran setengah sendok teh garam dan setengah sendok teh baking powder dalam 568 ml matang, yang telah didinginkan mencapai suhu tubuh.

Hal senada diungkapkan oleh dr Wahyuni, Sp.A(K), spesialis anak dari RSCM, yang mengatakan kondisi akibat sensitivitas berlebihan pada hidung ini bisa karena faktor bakat sejak lahir atau lingkungan. Upaya yang bisa lakukan adalah menghindari penyebabnya. “Bakat itu sudah dibawa sejak lahir. Tapi upayakan mengendalikan supaya gejala tidak muncul atau kalau muncul sangat ringan jadi tidak mengganggu aktivitas,” ujarnya kepada Antara.

Misalnya penyebab seseorang bersin-bersin adalah debu. Maka sebisa mungkin untuk menghindari diri dari lingkungan berdebu. Bersihkan rumah secara rutin agar tidak ada debu, bulu hewan, atau jamur yang bisa menyebabkan alergi.

Apakah perlu konsumsi ? Ia berpendapat langkah ini bisa ditempuh asalkan sudah berusaha sebisa mungkin menghindarkan diri dari penyebab dan tergantung derajat keparahan alergi. Tentunya itu harus berdasarkan anjuran ahli . “Dilihat kekerapan munculnya, misalnya enam bulan sekali atau setiap hari. Kalau terus menerus muncul perlu pengobatan yang agresif. Kalau jarang diberi saat muncul gejala,” katanya. Menurut dia, penggunaan antihistamin sama seperti demam. Bila gejala hilang, tak perlu konsumsi lagi.

Nah, saat ini sudah banyak produk obat untuk alergi rhinitis yang bisa dibeli di apotik, salah satunya adalah Ozen Drops. Ozen Drops adalah obat yang digunakan untuk mengobati berbagai kondisi alergi (Rhinitis perennial, rhinitis alergi musiman dan kronis, atau urtikaria idiopatik). Ozen Drops mengandung Cetirizine, obat antihistamin generasi kedua yang merupakan antagonis kuat dan sangat selektif terhadap histamin perifer H1-reseptor.

Obat ini digunakan untuk mengobati rhinitis alergi (hay fever), efektif untuk mengurangi gejala, baik pada mata maupun hidung seperti bersin, hidung meler, rasa gatal atau terbakar pada mata.

Obat pilihan untuk mengobati urtikaria akut maupun kronis. Obat yang mengandung cetirizine diketahui lebih efisien daripada antihistamin generasi kedua lainnya. Obat ini juga lebih dipilih daripada diphenhydramine karena cetirizine mempunyai efek samping yang lebih kecil terhadap sistem saraf pusat.

Ozen Drop 12ml sangat praktis dibawa ke manapun karena berupa botol kecil. Obat ini bisa diberikan sebelum atau sesudah makan. Di K24, Ozen Drop dijual dengan harga Rp85.325 per botol.

Loading...