ASI Tidak Cukup? Ini Harga Susu untuk Bayi Usia 6 Bulan ke Atas

Bayi Minum Susu - nypost.com

Ketika bayi berusia 6 bulan ke atas, beberapa kesulitan memberikan ASI ekslusif secara cukup karena harus bekerja atau hal-hal lainnya. Untuk itu, sebagian dari mereka kemudian memberikan susu formula kepada buah hati dengan harapan tetap dapat tercukupi. Di sendiri, sudah ada banyak susu bayi untuk usia 6 bulan ke atas dengan harga bervariasi.

Susu SGM Ananda 2 Presinutri misalnya, diklaim sebagai susu formula lanjutan untuk bayi berusia 6-18 bulan dan dikatakan telah mengandung 11 asam amino esensial, zat besi, kolin, dan prebiotik FOS-insulin. Di pasaran, ini sekarang ditawarkan dengan harga sekitar Rp33 ribuan untuk kemasan box 400 gram dan Rp75 ribuan untuk kemasan 1.000 gram.

Produk lainnya, ada Bebelove 2 dari Nutricia yang dengan harga Rp62 ribuan untuk kemasan 400 gram. Produk ini diklaim sebagai susu formula lanjutan yang bergizi untuk bayi berusia 6-12 bulan, tanpa tambahan gula pasir. mengatakan telah melengkapi Bebelove 2 dengan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral yang disesuaikan dengan kebutuhan bayi.

Pilihan lainnya adalah Frisian Flag Langkah 6-2 Bulan dengan harga Rp74 ribuan untuk kemasan 800 gram, Chil Mil Regular dari Morinaga dengan harga Rp75,5 ribuan untuk kemasan 400 gram, Nutribaby 2 kemasan 400 gram dengan harga Rp85 ribuan, S26 Promil kemasan box 400 gram dengan harga Rp89 ribuan, Lactogen 2 Gold kemasan 750 gram dengan harga Rp93 ribuan, dan Ammum Infacare 2 kemasan 400 gram dengan harga Rp95 ribuan. Sementara, untuk produk-produk yang lebih mahal, ada Enfamil A Tahap 2 400 gram dengan harga Rp149 ribuan dan NAN PHPRO 1 400 gram dengan harga Rp157 ribuan.

“Pemberian susu yang terbaik untuk bayi adalah dengan ASI. Namun, jika ASI ibu tidak mencukupi, pemberian susu formula sebagai tambahan boleh dilakukan,” kata dr. Tantya Marlien dalam sebuah konsultasi di situs Alodokter.com. “Umumnya, semua susu formula memiliki kandungan nutrisi yang tidak jauh berbeda, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Mengenai jenis mana yang cocok, diskusikan dengan yang menangani Anda.”

Senada, Dr. Ariani Dewi Widodo, SpA(K), menuturkan bahwa apabila ASI masih cukup, maka anak tidak perlu diberikan tambahan susu formula. Kecukupan ASI sendiri dapat dilihat saat anak buang air. “Jika buang air besar dan kecil bayi cukup dan teratur, serta badan bayi naik sesuai yang diharapkan, maka pemberian ASI sudah cukup,” ujarnya.

Loading...