AS Blokir Situs Web Terkait Iran, Dituding Sebarkan Disinformasi

Memblokir Sejumlah Situs Website - theconversation.comMemblokir Sejumlah Situs Website - theconversation.com

WASHINGTON – Otoritas AS memutuskan untuk memblokir sejumlah situs web yang terkait dengan , termasuk Press yang berbahasa Inggris, Al Alam, dan saluran berita satelit Al Masirah milik Houthi. Pemblokiran situs web terjadi di tengah meningkatnya ketegangan yang lebih luas antara AS dan atas kesepakatan nuklir Teheran yang sekarang di ambang keretakan.

Dilansir dari TRT World, setiap situs yang diblokir menampilkan satu halaman penuh dengan pernyataan bahwa itu ‘telah disita oleh ’ dan mengacu pada undang-undang sanksi AS, disertai dengan stempel FBI dan Departemen AS. Meski para pejabat AS belum mengakui peran mereka, penyiar CNN, yang mengutip seorang pejabat , mengatakan bahwa Washington berada di balik penyitaan ‘puluhan domain situs web AS yang terhubung ke Iran’.

Marzieh Hashemi, pembawa acara terkemuka untuk Press TV, mengatakan bahwa pihaknya mengetahui pemblokiran, tetapi tidak memiliki lebih lanjut. Sementara, Press TV dalam Twitter menuliskan bahwa ‘dalam apa yang tampaknya merupakan tindakan terkoordinasi, pesan serupa muncul di situs web jaringan televisi Iran dan regional yang mengklaim bahwa domain situs web tersebut telah disita oleh Pemerintah Amerika Serikat’.

Tahun lalu, AS sudah memblokir 92 nama domain yang menurut mereka ‘secara tidak sah’ digunakan oleh Korps Pengawal Revolusi Islam Iran untuk terlibat dalam kampanye disinformasi global. “Iran tidak dapat dibiarkan bersembunyi di balik situs berita palsu. Jika Iran ingin didengar menggunakan AS, ia harus mengungkapkan warna aslinya,” kata Departemen Kehakiman AS.

Situs saluran berita satelit Al Masirah yang dikelola Houthi mengakui pemblokiran situs webnya oleh FBI. Dalam sebuah pernyataan, kelompok tersebut mengatakan, penutupan situs itu terjadi tanpa pemberitahuan sebelumnya, tetapi saluran akan tetap melanjutkan misinya untuk menghadapi tindakan pembajakan AS dan Israel terhadap negara mereka, dengan cara apa pun.

Penghapusan situs web terjadi di tengah meningkatnya ketegangan yang lebih luas antara AS dan Iran atas kesepakatan nuklir Teheran. Presiden Iran, Ebrahim Raisi, mengintai posisi garis keras pada hari dalam konferensi pers pertamanya sejak menjabat. Dia mengatakan, dia tidak akan bertemu dengan Presiden AS, Joe Biden, dan mengesampingkan negosiasi lebih lanjut dengan Barat mengenai program rudal balistik Teheran dan dukungan untuk milisi regional.

Press TV, diluncurkan pada Juni 2007, adalah berbahasa Inggris milik pemerintah Republik Islam Iran Broadcasting. Mereka berfokus terutama pada urusan internasional melalui lensa bagaimana para pemimpin Iran melihat dunia. Kritik pedas terhadap kebijakan luar negeri Inggris dan AS adalah hal biasa. Karena itu, siaran mereka telah menuai banyak kritikan dari Barat.

Loading...