Aromaterapi dan Pengawet Makanan, Berikut Harga Minyak Atsiri

Harga Minyak Atsiri

atsiri, atau dikenal juga sebagai esensial, telah lama digunakan masyarakat sebagai dasar untuk wewangian atau aromaterapi alami. Nah, menurut kabar terbaru, minyak atsiri yang ditawarkan di kisaran harga mulai puluhan ribu hingga jutaan tersebut ternyata juga dapat dijadikan sebagai bahan pengawet yang baik.

Studi oleh Institute of Food Technologists (IFT) yang dipublikasikan di Journal of Food Science baru-baru ini mengatakan bahwa minyak esensial dapat digunakan sebagai pengawet makanan dalam kemasan untuk membantu masa simpan makanan. Minyak atsiri, yang merupakan cairan berminyak aromatik yang diekstraksi dari berbagai bagian (akar, , daun, biji, buah, dan kayu), telah terbukti menjadi sumber antioksidan dan anti-mikroba yang baik.

Menurut laporan tersebut, minyak atsiri bertindak sebagai antioksidan dalam beberapa cara yang berbeda, seperti memulung radikal bebas, penghentian peroksida, mencegah oksidasi lipid, dan lainnya. Penggabungan minyak atsiri ke dalam kemasan makanan diklaim dapat memperbaiki sifat penghalang uap air dari film berbasis protein, meningkatkan kekuatan film dan ketahanan terhadap peregangan, hingga membantu mencegah pembusukan makanan.

Sebelumnya, meneteskan minyak atsiri ke alat yang bisa memancarkan aromanya telah menjadi dengan tujuan menimbulkan perasaan yang tenang dan nyaman. Untuk memberikan efek tenang ini, sejumlah minyak atsiri bisa dipilih, salah satunya adalah minyak atsiri dari kombinasi ylang ylang, orange, tangerine, patchouli, dan blue tansy.

“Aromaterapi ini cocok digunakan di malam hari ketika seluruh anggota keluarga sudah berada di rumah dan letih usai beraktivitas seharian,” ujar Country Manager Young Living Indonesia, Anggit Wicaksono. “Diffuse atau usapkan minyak atsiri ini di telapak kaki sebelum tidur dan jadikan sebagai rutinitas di malam hari.”

Saat ini, sudah banyak produsen yang menawarkan minyak atsiri dari bahan yang bervariasi dan dalam kemasan yang beragam. Minyak atsiri dari Young Living misalnya, sekarang ditawarkan dengan harga mulai Rp150 ribuan hingga Rp3,7 juta per botolnya, dalam kemasan 5 ml hingga 15 ml. “Harga minyak atsiri produksi kami di Indonesia rata-rata lebih murah 10 persen dari di Singapura,” sambung Anggit.

Selain itu, ada juga yang menawarkan minyak atsiri dari bahan adas dengan harga mulai Rp50 ribuan untuk kemasan 25 ml dan Rp190 ribuan untuk kemasan 100 ml. Sementara, minyak atsiri dari akar wangi, ditawarkan dengan harga mulai Rp212.500 untuk kemasan 25 ml dan Rp725 ribuan untuk kemasan 100 ml, sedangkan minyak atsiri dari daun sirih kemasan 25 ml dipasarkan Rp140 ribuan.

Loading...