Apa Saja Penyebab kWh Listrik Prabayar Menjadi Boros? Bagaimana Cara Menghematnya?

kWh Listrik Prabayar - riftom.infokWh Listrik Prabayar - riftom.info

PT saat ini memang sedang gencar mensosialisasikan penggunaan prabayar secara luas di seluruh . Sayangnya beberapa kalangan masih saja ada yang menemukan kendala dengan listrik prabayarnya di rumah. Salah satu permasalahan yang kerap dialami antara lain seperti daya atau kWh yang boros sehingga mengakibatkan pulsa atau token listrik tiba-tiba habis. Hal ini tentunya bagi para cukup merugikan. Lantas apa saja sebenarnya kWh prabayar boros?

Pemasangan meteran listrik prabayar alias listrik pintar di rumah memang seharusnya disesuaikan daya listrik yang dibutuhkan. Misalnya saja jika penggunaan perabot listrik yang membutuhkan daya besar ternyata cukup banyak, maka jangan sampai hanya memasang listrik prabayar dengan daya 450 VA saja. Pertimbangkan untuk meningkatkan daya listrik di rumah menjadi setidaknya 900 watt atau 1300 watt agar beban listrik juga tidak terlalu berat.

Langkah pertama untuk mengatasi kWh prabayar yang boros tentu saja dengan mengecek seluruh elektronik yang dipakai. Sebaiknya agar lebih irit, kurangi penggunaan perabot elektronik yang boros listrik seperti pemanas air, mesin cuci, AC, atau sebagainya. Sementara itu, untuk lampu atau bisa mulai beralih menggunakan teknologi LED yang dikenal lebih hemat energi.

kedua bisa saja disebabkan karena kebocoran pemasangan instalasi. Kebocoran ini mungkin saja terjadi saat proses pemasangan atau instalasi listrik yang dilakukan secara asal-asalan. Cara untuk mengatasi masalah ini supaya lebih menghemat pulsa listrik bisa dengan mengganti seluruh sambungan instalasi.

Selanjutnya periksa juga kabel yang digunakan, sebab pemakaian kabel yang tidak berkualitas juga bisa menyebabkan listrik prabayar menjadi cepat habis. Apabila terjadi permasalahan dengan kWh meter prabayar di rumah, rupanya pelanggan disarankan untuk langsung melaporkannya pada pihak PLN agar dapat segera ditindaklanjuti.

“Perihal peningkatan kWh yang dirasakan pelanggan setelah dilakukan penggantian kWh meter, kami mengimbau pelanggan untuk melaporkan hal tersebut ke unit rayon PLN terdekat dengan memberikan nomor meter yang tertera pada kWh meter. PLN nantinya akan memeriksa dan menindaklanjuti apabila terjadi kesalahan,” kata Hendri AH, Plh Deputi Manajer Hukum dan Humas PT PLN Distribusi Lampung, seperti dilansir Tribunnews.

Loading...