Antara Gengsi & Kompetensi, Ini Biaya Sekolah Internasional di Jakarta

Biaya Sekolah Internasional - www.nordangliaeducation.comBiaya Sekolah Internasional - www.nordangliaeducation.com

Seiring dengan era globalisasi yang terus tumbuh, banyak yang kemudian didirikan di kota-kota besar Indonesia, termasuk di Jakarta. Sebagian orang tua pun juga tertarik menyekolahkan mereka di -sekolah tersebut karena menawarkan internasional, meski yang harus dibayarkan memang tidak bisa dikatakan murah.

“Memang ada yang mahal demi gengsi, demi gaya hidup yang mereka impikan,” papar psikolog Anna Surti Ariani, dilansir CNBC Indonesia. “Namun, ada pula karena alasan memiliki kurikulum internasional, perhatian guru, dan kompetensi guru, walaupun itu tidak berarti bahwa sekolah yang lebih murah maka gurunya tidak kompeten. Alasan lainnya adalah kemungkinan field trip atau lomba ke luar negeri bersama sekolah juga.”

Di ibukota sendiri, sudah ada beberapa sekolah yang menerapkan kurikulum internasional. Sejumlah nama yang cukup populer di kalangan orang tua dan adalah Highscope Indonesia School, ACG School Jakarta, The New Zealand Independent School, Jakarta Intercultural School, serta Cikal yang dikatakan telah menerapkan kurikulum International Baccalaureate.

Seperti disampaikan di atas, jika orang tua ingin menyekolahkan anak mereka di sekolah internasional, biaya yang harus dikeluarkan memang cukup mahal. Highscope Indonesia School cabang TB Simatupang misalnya, mematok biaya masuk mulai Rp10 juta dan SPP mulai Rp6 juta untuk level preschool. Sementara, biaya masuk SD di sekolah tersebut mulai Rp30 juta, dengan SPP mulai Rp6 jutaan.

Biaya untuk sekolah internasional lainnya juga tidak kalah mahal. ACG School Jakarta menetapkan biaya sekolah mulai Rp146,5 juta per tahun untuk jenjang TK usia 3 tahun. Itu masih belum termasuk biaya lain-lain seperti permohonan sebesar Rp2.500.000, uang pembangunan sebesar Rp36,5 juta, hingga transportasi dengan biaya minimal Rp16,6 juta per semester.

Sementara itu, Jakarta Intercultural School juga mematok biaya sekolah yang sangat mahal. Untuk tahun akademik 2019/2020, calon siswa wajib membayar biaya pendaftaran sebesar Rp5,5 juta. Jika sudah diterima, akan dikenakan biaya masuk total Rp316,1 juta untuk usia 1 dan 2 tahun, Rp419,6 juta untuk level kindergarten, Rp423,6 juta untuk level elementary, Rp478,6 juta untuk level SMP, dan Rp478,6 juta untuk jenjang SMA.

Loading...