Antar Penulisnya Raih Gelar, Harga Buku ‘Milea Suara dari Dilan’ Rp63 Ribuan

Milea Suara dari Dilan - shantystory.comMilea Suara dari Dilan - shantystory.com

Novel ‘Milea Suara dari Dilan’ merupakan ketiga dari novel laris karya Pidi Baiq yang menceritakan kisah cinta antara tokoh Dilan dan Milea yang sebelumnya terangkum dalam ‘Dilan, Dia adalah Dilanku Tahun 1990’ dan juga ‘Dilan, Dia adalah Dilanku Tahun 1991’. Lewat novel dengan Rp63 ribuan tersebut, Pidi Baiq mampu menyabet gelar sebagai ‘Writer of the Year’ dalam gelaran Book Fair (IIBF) .

Novel ‘Milea Suara dari Dilan’ sendiri dirilis pertama kali pada tahun 2016 lalu. Sebelum novel ini diluncurkan, penulisnya sempat memberikan bocoran karya tersebut lewat akun dan blog pribadinya. Pidi Baiq, yang juga vokalis band The Panas Dalam, memberikan cuplikan kisah yang sepertinya akan menjadi episode baru Dilan. Namun, kali ini kisah sepasang kekasih dari era putih abu-abu itu diceritakan dari sudut pandang tokoh Dilan.

“Kenangan yang baik itu adalah bagian yang paling manis di dalam kehidupan, tetapi kalau akunya sibuk, cenderung akan memudar, untuk tahu-tahu kemudian dilupakan,” tulisnya. “Tapi, sekitar sebulan yang lalu, aku bertemu dengan Pidi Baiq, di sebuah di daerah Cilaki, . Pidi Baiq adalah kawanku. Kami sudah saling kenal sejak remaja.”

Menurut resensi Riandi Nurzaelani dalam laman Okezone, buku setebal 360 halaman tersebut masih berisi tentang kisah asmara Dilan dan Milea. Tetapi, yang membuat berbeda dari kedua novel sebelumnya adalah novel ini bersumber dari sudut pandang Dilan dan ada beberapa tambahan cerita dari Dilan yang belum diceritakan oleh Milea di kedua novel sebelumnya.

“Novel ini juga menceritakan pengenalan singkat Dilan waktu ia kecil, kehidupan remajanya, ketika Dilan putus dengan Milea, kehidupan keluarganya, sampai Dilan dan Milea bertemu lagi di acara reuni SMA,” tuturnya. “Puisi-puisi yang terdapat di dalam novel ini sangat bagus, dan bisa menjadi pelajaran untuk pembaca bagaimana taktik ‘menguasai’ .”

Loading...