Alternatif Perhiasan Pengganti Emas, Ini Harga Xuping per Gram

Desain perhiasan dari bahan xuping (sumber: Pinterest)Desain perhiasan dari bahan xuping (sumber: Pinterest)

BANJARMASIN seperti anting, kalung, gelang, hingga cincin telah menjadi barang yang identik dengan perempuan. Selain terbuat dari emas atau perak, salah satu alternatif yang kini mulai booming di kalangan kaum Hawa adalah xuping. Terbuat dari bahan tembaga yang berkilau dan sekilas mirip mulia, harga xuping per gram juga relatif lebih terjangkau.

“Perhiasan yang ramai dan saat ini paling diminati adalah xuping, karena harganya lebih terjangkau,” ujar Laila Mulia Sari, pemilik Toko Sabariah Sanusi Pasar Sentra Antasari, Banjarmasin, dilansir Tribun Banjarmasin. “Keuntungan memiliki perhiasan xuping adalah pemiliknya bisa menyapuh ulang agar tetap berkilau.”

Laila menambahkan, produk aslinya berasal dari Guangzhou, , dan dirinya membeli perhiasan tersebut di salah satu toko perhiasan di Jakarta. Sayangnya, perhiasan ini memiliki kelemahan, yakni tidak bisa kembali. “Namun, perhiasan xuping bisa menjadi alternatif bagi yang tidak bisa membeli perak atau emas, karena xuping menyerupai emas,” sambung Laila.

Di samping punya kilau seperti emas, xuping juga diklaim memiliki beberapa kelebihan lain. Perhiasan ini dikatakan sangat cocok dipakai bagi mereka yang memiliki kulit sensitif atau orang yang biasanya sering mengalami alergi. Xuping juga diklaim memiliki daya tahan yang lebih lama dibandingkan perhiasan lainnya. Jika dirawat dengan baik, xuping konon dapat bertahan lebih dari satu tahun. Selain itu, seperti dikatakan di atas, perhiasan ini juga dapat disepuh ulang jika warnanya mulai memudar.

Jika harga emas bisa mencapai angka ratusan ribu per gram, maka xuping dijual jauh lebih murah, mulai belasan ribu saja. Di pasaran sendiri, umumnya xuping yang dijual sudah dalam bentuk perhiasan, seperti anting, gelang, cincin, hingga kalung, dengan harga mulai Rp12 ribuan hingga ratusan ribu, tergantung berat, jenis perhiasan, dan modelnya.

Loading...